Wow! Bank Milik Konglomerat yang Berbasis di Singapura Cetak Laba 4X Lebih Gede pada Tahun 2019!

Wow! Bank Milik Konglomerat yang Berbasis di Singapura Cetak Laba 4X Lebih Gede pada Tahun 2019! Foto: Amar Bank

PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) tercatat mengantongi keuntungan alias laba bersih empat kali lebih besar pada tahun 2019, yakni menjadi Rp61 miliar. Kenaikan laba tersebut diikuti dengan pertumbuhan aset sebesar 85,9% menjadi Rp3,4 triliun pada periode yang sama. 

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian, mengungkapkan bahwa transformasi digital melalui program Tunaiku menjadi pendorong utama yang membuat perusahaan mencetak kinerja positif sepanjang tahun lalu. 

Baca Juga: Laba Bank Sampoerna Hingga Kuartal I Capai Rp9,8 Miliar

"Kinerja ini didorong utamanya oleh transformasi digital yang diterapkan Amar Bank terhadap produk Tunaiku dan adanya peningkatan pinjaman produktif Tunaiku. Melalui akses pembiayaan kredit yang didukung oleh transformasi digital, Tunaiku berperan dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia dengan menjangkau lebih dari 350.000 nasabah dan lebih dari 100.000 UMKM," jelas Vishal, Jakarta, Jumat (29/05/2020). 

Selama priode itu pula, Amar Bank tercatat meningkatkan presentase penyaluran kredit UMKM dari sebelumnya 14,96% pada tahun 2018 menjadi 31,82% pada tahun 2019. Kemudian, Amar Bank juga mencatat bahwa penyaluran pinjaman dari Tunaiku mengalami peningkatan hingga 100% menjadi Rp2 triliun. 

Baca Juga: Amar Bank Fokus 90 Juta Masyarakat Belum Tersentuh Bank

Sampai akhir tahun 2019, Amar Bank mempunyai rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) sebesar 55,65%. Lalu, untuk rasio return on asset (ROA) dan rasio return on equity (ROE) masing-masing tercatat sebesar 2,99% dan 7,45%.

Dalam hal pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Amar Bank berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 67% dengan total DPK sebesar Rp1,831 triliun. Peningkatan ini terbilang signifikan mengingat secara keseluruhan pertumbuhan total DPK bank umum konvensional per Desember 2019 menunjukkan peningkatan sebesar 6,54%.

Baca Juga: Wadaw! Dua Saham Milik Konglomerat Salim Grup Jadi Saham Paling 'Terbakar' di Bursa

"Amar Bank berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui teknologi. Kami menyadari bahwa perkembangan teknologi dan transformasi digital memiliki dampak signifikan terhadap perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Didorong oleh visi kami untuk membawa senyum ke wajah 200 juta orang Indonesia di tahun 2025, serta misi kami dalam menyediakan layanan perbankan bagi mereka yang membutuhkan dan bukan hanya mereka yang menginginkan, kami akan terus menghadirkan produk produk digital yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan nasabah kami," tutupnya. 

Sebagai informasi, Amar Bank merupakan bank milik perusahaan konglomerasi yang mempunyai markas besar di Singapura. Tolaram tercatat menguasai lebih dari 2,41 miliar saham atau setara dengan 30% dari total kepemilikan dalam Amar Bank.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini