Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 12 Juli 2020

5 Fakta Menarik Siti Fadilah Supari, Apa Saja?

5 Fakta Menarik Siti Fadilah Supari, Apa Saja?

Baca Juga

VIVA – Nama Siti Fadilah Supari belakangan ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Ia disebut-sebut sebagai orang yang berhasil menekan penyebaran flu burung. Mantan Menkes era Presiden SBY ini namanya kian mencuat ketika beberapa waktu lalu muncul di sebuah wawancara bersama Deddy Corbuzier.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah fakta-fakta mengenai Siti Fadilah Supari.

1. Seorang Ahli Jantung

Siti Fadilah Supari merupakan seorang ahli jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Ia juga menjadi Kepala Unit Yayasan Jantung Indonesia dan Kepala Pusat Penelitian Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

Siti Fadilah juga pernah menjadi dosen tamu di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dan di Pasca Sarjana Jurusan Epidemiologi UI, serta menjadi pengajar di Departemen Jantung dan Pembuluh Darah Pusat Jantung Nasional Harapan Kita/Fakultas Kedokteran UI dan staf pengajar kardiologi Universitas Indonesia.

2. Menulis Buku Kontroversial

Siti Fadilah mengeluarkan buku yang cukup kontroversial pada 6 Januari 2008 silam, bertajuk Saatnya Dunia Berubah! Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung. Dalam buku tersebut, dituliskan konspirasi barat tentang virus flu burung. Buku tersebut membuat organisasi kesehatan dunia atau WHO geram dan akhirnya mengakibatkan edisi bahasa Inggris dari buku tersebut ditarik dari pasaran.

3. Divonis 4 Tahun Penjara

Pada tahun 2017, Siti Fadilah dijerat kasus korupsi oleh KPK dalam perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan untuk kejadian luar biasa tahun 2005 di kementerian yang sempat ia pimpin tersebut. Ia dijatuhi vonis empat tahun penjara dan akan segera bebas pada tahun ini.

Namun dalam sebuah video podcast bersama Deddy Corbuzier yang belum lama dirilis, Siti Fadilah mengungkapkan bahwa dirinya tidak menerima sepeser uang korupsi yang dituduhkan.

4. Petisi Bebaskan Siti Fadilah

Beberapa waktu lalu, beredar petisi yang menggalang dukungan agar pemerintah membebaskan Siti Fadilah. Petisi tersebut digulirkan oleh kelompok yang mengatasnamakan Rakyat Indonesia Melawan Corona, diinisiasi oleh dr. Nyoman Kusuma dan Satrio Wibowo pada 31 maret 2020 di laman Change.org.

Nama Siti Fadilah digadang-gadang sebagai sosok yang tepat dan mampu dalam menangani pandemi saat ini. Kemenkes di bawah kepemimpinan Siti Fadilah, disebut mampu mengatasi berbagai penyakit menular seperti flu burung dan flu babi pada 2005-2009, hal inilah yang menjadi semangat petisi tersebut untuk membebaskan Siti Fadilah.

5. Mengungkapkan Keanehan Bill Gates

Dalam siaran podcast Deddy Corbuzier, Siti Fadilah juga mengungkapkan kecurigaan dirinya terhadap Bill Gates yang telah memprediksi terjadinya pandemi. Ia mengatakan, Bill Gates juga telah mempersiapkan vaksin untuk mengatasi pandemi.

"Dia kan bukan dokter, mengapa begitu fasih menganalisis akan terjadi pandemi? Menganalisis dunia akan butuh vaksin sekian miliar. Buat saya itu sesuatu yang tidak masuk akal. Dia kan pebisnis, ahli komputer, mungkin dia ahli virus, tapi virus komputer, tapi kan virus di manusia berbeda," ujar Siti Fadilah.

Mengenai virus corona, Siti Fadilah mengatakan, setiap ada pandemi dan munculnya vaksin itu bisa ditebak 'ada udang di balik batu'.

"Ini ada sekelompok orang yang malah siap vaksinnya (virus corona) gitu," kata Siti.

"Ibu mencurigai ini buatan dia (Bill Gates)?" tanya Deddy.

"Saya tidak mencurigai, tapi semua orang bisa berpikir sendiri. Kalau semua orang dia support, setidaknya harus menghormati yang support," imbuh Siti Fadilah.

Partner Sindikasi Konten: Viva

Tag: Siti Fadilah Supari

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Viva

loading...

Recommended Reading