Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 12 Juli 2020

Ekonomi RI Bisa Tumbuh di Atas 5% pada 2021

Ekonomi RI Bisa Tumbuh di Atas 5% pada 2021

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) tahun depan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5,2-5,6%. Menurut BI, faktor pendorong utama tumbuhnya ekonomi tahun depan adalah membaiknya pertumbuhan ekonomi dunia global dan harga komoditas sejalan dengan kembali berjalannya aktivitas produksi dan investasi global pasca berakhirnya tekanan Covid-19 sehingga mendorong pemulihan perekonomian domestik

"Perbaikan ekonomi dunia setelah berakhirnya Covid-19 mendorong pertumbuhan ekonomi 2021 yang diprakirakan kembali meningkat menjadi 5,2-5,6%," kata BI seperti dikutip Warta Ekonomi dalam Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI) 2019 yang diluncurkan pada Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: BI dan Kemenlu Perkuat Kerja Sama Diplomasi Ekonomi

BI mengatakan bahwa kondisi global yang membaik akan meningkatkan permintaan terhadap komoditas ekspor Indonesia. Kebijakan domestik berupa berlanjutnya peningkatan kuota ekspor tembaga, hilirisasi, dan pembangunan kawasan industri juga berdampak positif terhadap perbaikan kinerja ekspor.

Diversifikasi produk dan tujuan ekspor kata BI juga akan terus berlanjut terutama ke negara berkembang yang akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi global ke depan. Perbaikan kinerja ekspor tersebut pada gilirannya akan mendorong kinerja investasi, terutama investasi nonbangunan. Perbaikan investasi juga dipengaruhi oleh upaya Pemerintah dalam memperbaiki iklim investasi melalui rancangan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja dan UU Ketentuan Umum dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian.

"Selain itu, kebijakan akomodatif oleh BI mendorong pembiayaan ekonomi sehingga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di masa-masa selanjutnya. Resiliensi konsumsi swasta diprakirakan tetap terjaga, ditopang oleh peningkatan pendapatan terutama yang bersumber dari perbaikan ekspor," seperti tertulis.

BI juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global 2021 kembali meningkat pada kisaran 3,7%, didorong perbaikan jalur perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Tag: Ekonomi Indonesia, Bank Indonesia (BI), COVID-19

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Antara/Sigid Kurniawan

loading...

Recommended Reading