Cara Bersihkan Masker Kain yang Benar, Apa Saja?

Cara Bersihkan Masker Kain yang Benar, Apa Saja? Foto: Viva

Penggunaan masker pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini menjadi hal yang wajib dikenakan. Pemerintah telah menginstruksikan bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menggunakan masker saat berada di area publik.

Hal tersebut tak lain sebagai salah satu upaya paling dini untuk menangkal berkembangnya wabah Covid-19 di Tanah Air. Dan kini banyak dari masyarakat lebih memilih untuk menggunakan masker jenis kain yang tidak harus sekali buang, namun dapat dicuci untuk bisa dipergunakan kembali.

Namun tidak hanya sekedar menggunakan, menjaga kebersihan masker kain menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab, penggunan masker yang bersih dan memenuhi kriteria yang baik akan jadi modal berharga untuk menangkal diri kita dari ancaman penularan virus corona.

Penggunaan masker kain yang tepat dan bersih pun tidak hanya mampu menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitar kita.

Berikut panduan lengkap cara membersihkan masker kain seperti yang dirilis oleh akun Instagram resmi @BNPB_Indonesia berikut ini:

1. Siapkan air, atau jika memungkinkan air panas dengan suhu 50-60 derajat celcius.

2. Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat.

3. Kucek masker hingga kotoran hilang dan luruh.

4. Bilas di bawah air mengalir, hingga busa hilang.

5. Keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas.

6. Setrika dengan suhu sesuai bahan kain untuk merapikannya, dan setelah itu masker pun siap digunakan.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini