Meski #Dirumahaja, Pastikan Mobil Tetap Aman dengan 7 Cara Ini

Meski #Dirumahaja, Pastikan Mobil Tetap Aman dengan 7 Cara Ini Foto: Unsplash/Takahiro Taguchi

Walau sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya dengan #DiRumahAja, namun risiko kejahatan tidak memandang waktu ataupun tempat. Pencurian kendaraan bermotor dan aksi kejahatan yang terjadi tentu menuntut kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya.

Berikut beberapa persiapan keamanan dari Asuransi Garda Oto yang dapat Anda terapkan untuk membantu mobil kesayangan Anda lebih aman walau hanya #DiRumahAja.

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Masih banyak anggapan bahwa memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Faktanya, tak sedikit kasus pencurian mobil berhasil dilakukan dari rumah korban. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu garasi yang kokoh dan Anda dapat menempatkan kamera CCTV.

Baca Juga: Sujud Syukur, Kasus Covid-19 di Wilayah Anies Turun Drastis!

Jika hendak bepergian, pilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian. Akan lebih baik jika tempat tersebut terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap karena akan rawan pencurian. Cara ini dapat meminimalisasi peluang pencuri mencuri mobil Anda atau berhasil membawa kabur mobil Anda begitu saja.

2. Pasang alarm dan gunakan kunci tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib Anda miliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian. Ketika mobil Anda dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik.

Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sangat profesional. Disarankan untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil Anda akan tetap pada tempatnya, meskipun pencuri berhasil menyalakan mesin mobil.

3. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk mencuri mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil Anda. Jika terpaksa, cobalah untuk menyembunyikan barang-barang Anda di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil Anda.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini