Gelar Konser Virtual di Tengah Pandemi, Grup Idola Korsel SuperM Himpun Rp31 M

Gelar Konser Virtual di Tengah Pandemi, Grup Idola Korsel SuperM Himpun Rp31 M Kredit Foto: Getty Images/Lester Cohen for Capitol Music Group

Grup idola Korea Selatan yang didapuk oleh SM Entertainment dan Capitol Records, Super M, menggelar konser virtual 'Super M Beyond Live', menyapa puluhan ribu penggemar di berbagai belahan dunia, Minggu (26/4/2020).

Konser virtual yang menerapkan penggunaan teknologiĀ Augmented Reality (AR) itu berhasil mengumpulkan lebih dari 75 ribu audiens berbayar dari 109 negara, dengan harga 30 dolar AS (sekitar Rp466 ribu) per tiket.

"Acara siaran langsung konser Beyond Live perdana itu menghimpun lebih dari 2 juta dolar AS (sekitar Rp31 miliar) dari penjualan tiket virtual," lapor Forbes, dikutip Senin (27/4/2020).

Baca Juga: Perangi Covid-19, One Championship Gandeng Puluhan Artis Dunia untuk Buat Konser Amal

Sebagai perbandingan, konser luring Super M di California pada Februari lalu hanya menghasilkan penjualan bruto lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp15,5 miliar), berdasarkan data Boxscore Billboard.

Selain dari segi penjualan, jumlah audiens konser virtual pun lebih banyak 7,5 kali lipat daripada konser luring. Agensi Super M, SM Ent berkata, "untuk grup idola populer, konser luring umumnya dihadiri oleh rata-rata 10 ribu orang per pertunjukan, sedangkan konser virtual melibatkan 75 ribu penonton."

Selama konser tanpa audiens itu berjalan, Super M berinteraksi dengan audiens melalui panggilan video. Efek grafis komputer pun dipakai untuk memeriahkan panggung grup idola itu.

Meski ada potensi besar di dunia konser virtual, khususnya di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, harga jadi salah satu tantangan bagi para audiens. Terlebih, kondisi ekonomi global pun sedang melambat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini