Selama Pandemi, Youtap Cetak Kenaikan Transaksi Nontunai

Selama Pandemi, Youtap Cetak Kenaikan Transaksi Nontunai Foto: Unsplash/Jonas Leupe

Youtap Indonesia telah mengembangkan solusi digital untuk McDonald's Indonesia, yang sudah terintegrasi dengan beberapa penerbit uang elektronik seperti LinkAja dan ShopeePay dan juga dengan aplikasi reward Cashbac.

Berdasarkan data yang tercatat oleh Youtap Indonesia, kenaikan pada transaksi non-tunai pada layanan drive-thru McDonald's mulai terjadi semenjak minggu pertama pengumuman pandemi. Sekarang porsinya justru naik hingga empat kali lipat dengan rata-rata nilai transaksi hariannya naik hingga sekitar 170 persen.

"Dengan transaksi yang cepat dan aman melalui solusi Youtap ini, kami juga melihat kenaikan yang signifikan untuk penggunaan nontunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini," kata Yanti Lawidjaja, Direktur IT dan Keuangan dari McDonald's Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/4/2020).

Baca Juga: Tips dan Trik Berbisnis Selama Ramadan di Tengah Pandemi

Saat ini McDonald's menitikberatkan pada layanan McDelivery, drive-thru dan take-away yang semuanya tanpa kontak langsung untuk mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju penyebaran Covid-19.

Solusi dengan scanner khusus ini telah terintegrasi untuk transaksi di kasir counter, self ordering kiosk (SOK), dan drive-thru. Metode transaksi ini sangat aman digunakan saat pandemi Covid-19, di mana transaksi dilakukan secara non-tunai tanpa kontak dan pertukaran media.

Sebelumnya, Youtap juga mencatat adanya kenaikan transaksi non-tunai pada merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129 persen, menyusul perubahan kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Covid-19 Gak Bunuh Semua Bisnis, Deretan Sektor Ini Malah Panen Cuan Jumbo

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia, mengatakan, "Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak pada banyak entitas bisnis. Saat ini kami terus melakukan edukasi kepada merchant kami untuk program Bersih, Sehat, Aman: menjaga kebersihan, social distancing, dan bertransaksi non-tunai. Kami pun mulai mengedukasi merchant UMKM untuk memberikan layanan pesan antar dengan transaksi non-tunai. Ini adalah momentum kita untuk mendorong adopsi transaksi digital yang nyaman dan aman."

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini