Waduh, Gara-Gara Corona MotoGP Terancam Kehilangan Sponsor

Waduh, Gara-Gara Corona MotoGP Terancam Kehilangan Sponsor Foto: Twitter/@MotoGP

MotoGP terinfeksi Covid-19. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan darurat kesehatan yang menghantam ratusan negara di dunia.

Pandemi virus Corona secara tidak langsung menghentikan kegiatan balapan MotoGP 2020, yang hanya selisih beberapa hari jelang bergulirnya seri pembuka di Grand Prix Qatar, awal Maret ini. Dorna Sports selaku otoritas tertinggi di kejuaraan dunia motorsport mengambil sikap tegas untuk menunda balapan.

Virus mematikan itu tidak hanya menghentikan balapan di Qatar. Covid-19 itu juga menginfeksi tiga balapan berikutnya di Thailand, Austin, dan Jerez. Tetapi pertanyaan paling mendesak dalam beberapa hari terakhir ini bukan lagi berbicara tentang jadwal balapan saja, tetapi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh keadaan darurat kesehatan ini.

Baca Juga: Dorna Masih Pikirkan Cara untuk Gelar Balapan MotoGP di Eropa

Dorna sebelumnya telah mengeluarka pernyataan bahwa pihaknya akan melakukan intervensi secara ekonomi untuk menjaga agar kejuaraan balap motor tetap beroperasi. Tapi yang harus diperhitungkan saat ini adalah jika tidak ada balapan, maka tidak akan ada pemasukan terutama dari sponsor, penyelenggara TV, dan Grand Prix.

Sirkus MotoGP pun bakal terkena imbasnya. Karena, bisa jadi gaji mereka bakal dipotong dan tentunya ini sangat merugikan sebagian pembalap yang tidak memiliki popularitas sama seperti Valentino Rossi maupun Marc Marquez.

Bagi Rossi dan Marquez, persoalan itu tidak terlalu mengancam keuangannya. Karena selama bertahun-tahun menjalani karier di MotoGP, dua pembalap top itu sudah bergelimang harta. Tapi bagaimana dengan pembalap lainnya?

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini