Ketua KPK Bela Dewas: Mereka Tak Pernah Hambat Kerja Penyidik

Ketua KPK Bela Dewas: Mereka Tak Pernah Hambat Kerja Penyidik Foto: Antara/Nova Wahyudi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, kerja sama antara pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terjalin dengan baik. Firli juga mengatakan hingga saat ini Dewas belum pernah menolak penyadapan yang dilakukan oleh KPK.

"Sampai hari ini tidak ada konflik antara dewan pengawas dan pimpinan KPK karena tujuannya sama. Dewas tidak ada menghambat UU KPK, mekanismenya sudah dibangun," kata Firli, Rabu (11/3/2020).

Firli melanjutkan, tugas pokok Dewas diatur dalam Pasal 37 b ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2019. Ia juga mengungkapkan, Dewas tidak pernah menghambat kerja penyidik KPK.

Baca Juga: Cicak vs Buaya Ada Lagi? Ini Kata Pimpinan KPK...

"Dewas memberikan izin atau menolak penyadapan, penggeledahan dan penyitaan, sampai hari ini belum ada yang ditolak," ujarnya.

Berdasarkan pasal 37 UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK, setidaknya Dewan Pengawas punya enam tugas. Pertama, mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK.

Kedua, menetapkan kode etik pimpinan dan pegawai KPK. Ketiga, menerima laporan kalau ada dugaan pimpinan atau pegawai yang melanggar kode etik. Keempat, melakukan persidangan terhadap orang yang melakukan dugaan adanya pelanggaran UU ataupun pelanggaran kode etik.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini