Buat Menteri Tjahjo: Gaji Anggota DPR Cuma Rp60 Juta

Buat Menteri Tjahjo: Gaji Anggota DPR Cuma Rp60 Juta Foto: Tri Yari Kurniawan

Ketua Fraksi PPP DPR Arsul Sani angkat bicara mengenai pernyataan Menpan RB Tjahjo Kumolo yang mengatakan gaji seorang anggota parlemen mencapai Rp260 juta. Menurut Arsul, nominal tersebut tidak tepat sebab saat ini gajinya hanya di kisaran belasan juta, bisa saja lebih dari itu namun jika ada tambahan dari tunjangan dan lainnya, tetapi tidak sampai Rp260 juta.

"Gaji DPR itu yang ada di slip saya gaji itu ada 18 juta sekian ratus ribu saya gak hafal, tetapi kalau ditambah dengan tunjangan-tunjangan itu bisa sampai antara Rp50-60an juta. Saya kira tidak kemudian sampai ratusan juta," kata Arsul, Jumat, 6 Maret 2020.

Baca Juga: Bantah Bergaji Rp260 Juta, Pimpinan DPR Komentari Tjahjo Kumolo: Halu!

Namun bukan tak mungkin seorang legislator bisa mendapatkan gaji ratusan juta. Bisa saja seorang wakil rakyat gajinya mencapai ratusan juta kalau ditambah dengan biaya kunjungan kerja dan biaya lainnya.

"Barangkali ditotalkan take home pay-nya dari misalnya SPJ waktu kunjungan dan lain sebagainya, tetapi saya kok tidak pernah sampai angka di atas kalau ditotal rata-rata, itu seratus jutaan tidak mendekati itu mungkin. Kalau 200 jutaan saya juga bingung, barangkali semasa Pak Tjahjo jadi anggota DPR memang anggaran negara banyak sehingga yang dinikmati juga banyak, coba tanya Pak Tjahjo," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini