Berdayakan Ekonomi, Hankook Tire Gagas Kebun Hidroponik

Berdayakan Ekonomi, Hankook Tire Gagas Kebun Hidroponik Foto: Sufri Yuliardi

Produsen ban asal Korea Selatan, PT Hankook Tire Indonesia (Hankook Tire) merangkul masyarakat Desa Cicau lewat Desa Binaan, sebuah program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui kebun hidroponik.

Dalam melaksanakan program ini, Hankook Tire bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa sebagai mitra pelatihan hidroponik.

Kebun hidroponik adalah salah satu aktivitas urban farming atau kegiatan pertanian dan perkebunan non-konvensional yang memanfaatkan lahan non-pertanian, seperti pemukiman warga di kawasan industri.

Baca Juga: Penjualan Ban SUV Melejit, Produsen Korsel Ini Ungkap Rencana Bisnisnya di Indonesia

Peralatan berkebun yang ekonomis, yaitu air, tanah, dan pipa, membuat kebun hidroponik ini dapat diterapkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Melalui program Desa Binaan, Hankook Tire Indonesia memberikan sejumlah pelatihan kepada masyarakat, yaitu penanaman sayuran hidroponik, pembuatan biopori atau lubang resapan air, pemilihan sampah rumah tangga, penanaman pohon dan tanaman hias, serta pelatihan pemasaran sayuran akhir pekan kemarin.

Assistant Manager CSR & Public Relations PT Hankook Tire Indonesia Ade Mahendra mengungkapkan, Desa Binaan merupakan wujud salah satu pilar corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang menyinergikan aspek sosial-ekonomi dan lingkungan.

"Kami ingin masyarakat memiliki kesadaran mengelola lingkungan sekaligus mampu berdaya secara ekonomi. Produksi kebun ini dapat dijual kembali ke masyarakat lainnya, bahkan didistribusikan ke pasar maupun pusat perbelanjaan. Selain itu, peserta program juga dapat mengonsumsi hasil kebun tersebut bagi pemenuhan gizi keluarga," ujar Ade dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini