Bravo! Kemenristek Ganjar Telkom University Ranking 1

Bravo! Kemenristek Ganjar Telkom University Ranking 1 Foto: Rahmat Saepulloh

Memasuki usia ke-6, Telkom University (Tel-U) mendulang prestasi, baik nasional maupun internasional. Salah satunya dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta nomor 1 di Indonesia oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) pada 2019.

Kemenristekdikti menyatakan bahwa indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi berbasis Output–Outcome Base, yaitu dengan melihat kinerja masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja input (15%) dan proses (25%), serta kinerja luaran dengan bobot 60% yang meliputi kinerja output (25%) dan outcome (35%).

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengatakan Tel-U  merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di wilayah Jawa Barat dan Banten yang pertama kali mengantongi akreditasi A atau Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di 2016.

Baca Juga: Sepanjang Nataru, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16%

Raihan prestasi demi prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas akademika Telkom University yang membawa nama harum PTS yang terletak di Bandung Selatan, Jawa Barat ini.

"Kado terindah di 2019 bagi seluruh sivitas akademika Telkom University dan seluruh stakeholder adalah Telkom University pada tahun ini berhasil meraih predikat sebagai PTS Nomor 1 dari Kemenristek pada Agustus lalu," jelas Adiwijaya kepada wartawan di Bandung, Selasa (7/1/2019)

Tidak hanya akreditasi perguruan tinggi, hingga saat ini program studi (prodi) yang ada di Tel-U dari 32 prodi yang dimiliki, 71% atau 23 prodi sudah terakreditasi A.

Selain akreditasi nasional, dari 32 prodi 14 di antaranya sudah mendapat akreditasi internasional dari ABEST 21, ASIC, dan IABEE.

 

Adiwijaya menyebutkan, masih di bulan yang sama untuk ke-2 kalinya Tel-U berhasil meraih penghargaan Widya Padhi sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) untuk subkategori Manajemen Inovasi dari Kemenristekdikti.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini