Diterpa Banjir Bandang dan Longsor, Lima Desa di Lebak Terisolir

Diterpa Banjir Bandang dan Longsor, Lima Desa di Lebak Terisolir Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas

Banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, setidaknya menyebabkan lima desa terisolir, yakni Desa Banjarsari, Banjar Irigasi, Lebak Gedong, Lebak Situ, dan Ciladun.

Tertutupnya akses jalan karena tertimbun longsor dan jalan yang amblas mengakibatkan tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Bahkan, jalan yang amblas mencapai kedalaman sekitar dua meter.

Baca Juga: Banjir Bandang di Lebak Didahului Suara Gemuruh, Warga: Kenceng!

"Untuk sementara, sampai saat ini masih belum bisa dilalui karena masih ada jalan yang terputus dari Cipanas mengarah ke Lebak Gedong. Ada lima desa," kata Kabag Operasional (Ops) Polres Lebak, AKP Rahmat Sampurno, Rabu (1/1/2020).

Peralatan berat sore tadi, sekitar pukul 17.00 Wib, sudah berada di lokasi akses jalan yang amblas untuk membuka jalur kendaraan roda dua agar bisa mengirimkan bantuan kepada warga yang terisolir.

"Kita upayakan bersama Polda, Basarnas, BPBD dan lainnya untuk mengupayakan akses ini bisa dilewati secepat mungkin dan bantuan bisa sampai ke lokasi yang dituju," terangnya. 

Terkait pengungsi, korban jiwa, korban luka, hingga kerugian materi masih dilakukan pendataan oleh tim gabungan dari BPBD, Polri, TNI, dan Basarnas.

Jauhnya akses ke lokasi bencana menjadi tantangan tersendiri karena sudah berbatasan dengan wilayah Jasinga, Bogor. Ditambah lagi, wilayah bencana sudah masuk ke dalam kawasan Taman Gunung Halimun Salak. "Masih kita data untuk kerugian materil dan rumah, juga bangunan," jelasnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini