Buat Pemudik Catat Ya! Polisi Bilang Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup 12 Jam

Buat Pemudik Catat Ya! Polisi Bilang Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup 12 Jam Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Tiga hari menjelang malam pergantian tahun, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono didampingi Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi meninjau langsung kondisi arus lalu lintas jalur Puncak, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Kakorlantas Irjen Pol Istiono menjelaskan, kunjungan ini sebagai bagian dari tinjaun persiapan menjelang malam tahun baru. Sebab, kawasan Puncak, hampir setiap tahun selalu menjadi magnet dalam perayaan malam pergantian tahun, khususnya bagi warga Jabodetabek. 

"Iya hasil tinjauan hari ini di Pos Polisi Gadog, Puncak. Saya lihat Polres Bogor sudah mengelola Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran Lalu Lintas, diantaranya dengan menerapkan one way, dari jam 07.00 hingga 12.00 WIB diarahkan bagi kendaraan dari Jakarta menuju Puncak. Begitupun sebaliknya mulai diarahkan ke bawah mulai pukul 13.00 hingga 16.00 WIB," jelasnya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Tahun Baru 2020 Diprediksi Terjadi Malam Ini

Setelah itu, lanjut dia, dikarenakan volume kendaraan sudah relatif tak terlalu ramai, arus lalu lintas kembali dinormalkan.

"Kebijakan rekayasa lalu lintas ini sebagai bagian dari rutin operasi lilin di jalur Puncak. Sebab prediksi Puncak ini fluktuatif. Bahkan sebetulnya tiap hari terjadi kepadatan-kepadatan di titik tertentu, oleh karena itu kita kelola sedemikan rupa," ujarnya. 

Terkait, kebijakan saat malam tahun baru pihaknya sengaja melakukan penutupan jalur Puncak dari berbagai arah. "Kita tutup dari pukul 18.00 WIB pada tanggal 31 Desember 2019, kemudian kita buka kembali pukul 06.00 WIB 1 Januari 2020. Maka dari itu masyarakat yang mau ke Puncak harus sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum pukul 18.00 WIB, harus sudah naik ke atas semua. Ditutup untuk semua kendaraan baik dari atas maupun ke bawah," ujarnya.

Menurutnya, bagi masyarakat yang sudah terlanjur terjebak penutupan jalur Puncak bisa menggunakan Jalur alternatif menuju Cianjur maupun Sukabumi.

"Car free night atau cara free day itu adalah penutupan jalur Puncak harus steril semua kendaraan," katanya. 

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini