Setelah Oezil, 'The Eagle' Khabib Juga Beri Dukungan untuk Uighur

Setelah Oezil, 'The Eagle' Khabib Juga Beri Dukungan untuk Uighur Kredit Foto: Instagram Official Khabib Nurmagomedov

Dukungan untuk muslim Uighur kembali datang dari atlet olahraga. Setelah gelandang Arsenal, Mesut Oezil, kini giliran juara dunia kelas ringan Ultimate Fighting Championship, Khabib Nurmagomedov, yang mengungkapkan suaranya.

Nurmagomedov menuliskan dukungan di Instagram. Lewat Instagram Story, dia mengirimkan doa untuk muslim Uighur yang berada di kawasan Xianjiang, China.

Baca Juga: Soal Uighur, Menlu Bilang Gunakan Pendekatan Bilateral. Kayak Gimana?

"Ya Allah berikan kemudahan untuk saudara-saudara muslim kami di Uighur," tulis Khabib.

Sebelumnya, unggahan Oezil di media sosial terkait muslim Uighur menimbulkan pro dan kontra. Pemain asal Jerman berdarah Turki tersebut mempertanyakan keberadaan umat Islam di dunia yang seolah menutup mata dengan derita muslim Uighur.

"Di China, Quran dibakar, masjid ditutup, sekolah Islam, madrasah dilarang, cendekiawan agama satu per satu dibunuh. Terlepas dari semua itu, muslim tetap diam. Suara mereka tak terdengar," tulis Oezil di akun media sosialnya.

Pernyataan Oezil direspons agresif oleh pemerintah China dengan memboikot laga Arsenal versus Manchester City di Emirates Stadium, Minggu 15 Desember 2019 kemarin.

Bahkan, nama Oezil juga dihapus di dua game sepakbola terkemuka, FIFA dan Pro Evolution Soccer. Keduanya menghapus sosok Oezil dari permainan untuk versi China.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini