Sesuai Target, CSAP Buka Lagi Gerai di Solo

Sesuai Target, CSAP Buka Lagi Gerai di Solo Foto: Antara/Muhammad Iqbal

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) selaku pemilik dari jaringan ritel modern bahan bangunan dan home improvement, Mitra10 meresmikan superstore Mitra10 ke-34 di Solo, Jawa Tengah. Dengan demikian Perseroan telah menuntaskan rencana pembukaan lima gerai baru sepanjang 2019 yang tersebar di Kota Cirebon, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar pada pertengahan November 2019 lalu. 

“Dengan diresmikannya Mitra10 ke-34 di Solo, CSAP telah menuntaskan rencana ekspansi Mitra10 di lima kota utama di Indonesia. Kami akan melanjutkan rencana agresif ekspansi Mitra10, dimana Perseroan menargetkan memiliki 50 gerai Mitra10 pada 2021 mendatang.” Jelas Idrus Widjajakusuma, Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana Tbk, di Jakarta, Rabu (11/12/2019). 

CSAP merupakan perusahaan distribusi terbesar & terkemuka untuk bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/ FMCG, dan pemilik jaringan toko ritel modern Mitra10 & ritel furnitur Atria. Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi FMCG, 34 gerai “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvementdan 12 gerai “Atria” Ritel Modern Home Furnishing.

SuperstoreMitra10 Solo Baru menempati luas bangunan 9.800m2 dengan area penjualan seluas 4.000m2 dan area Gudang seluas 3.000m2. Gerai ini menawarkan 25.000 Stock Keeping Unit(SKU/ item barang) yang mencangkup mulai dari keperluan lantai seperti ubin, granit dan keramik, hingga keperluan atap seperti genteng dan polycarbonate

Baca Juga: CSAP Buka Gerai Mitra10 di Ibukota Baru

Mitra10 mengusung konsep ritel modern, One Stop Shopkonsep yang didukung oleh suasana berbelanja yang nyaman, aman dengan pilihan barang yang lengkap dan harga yang terjamin (Price  Integrity). 80% pilihan item barang di Mitra10 Solo Baru merupakan produk lokal sehingga turut memajukan industri dalam negeri.

Untuk meningkatkan belanja pelanggan, Mitra10 menawarkan beragam promo menarik seperti potongan harga khusus selama periode pembukaan, harga khusus pemilik kartu anggota Mitra10, tambahan diskon dari kartu kredit serta harga spesial untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Pemilihan gerai Superstore Mitra10 tidak lepas dari pertumbuhan zona residensial/ perumahan di sekitar lokasi yang menjadi target utama Mitra10. Untuk meningkatkan pelayanan konsumen, Mitra10 juga menyiapkan layanan antar barang gratis dalam radius tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kami menyasar end useryakni para pemilik rumah yang hendak merenovasi atau membangun hunian baru. Mereka dapat berbelanja kebutuhan bahan bangunan dengan beragam pilihan merek dan desain yang lengkap sertasuasana berbelanja yang nyaman seperti layaknya berbelanja di mal.” Tambah Idrus Widjajakusuma.

Seperti di kota-kota besar lainnya, lokasi pemilihan gerai Mitra10 Solo Baru mendekatkan dengan Kawasan pemukiman sedang tumbuh berkembang dan memiliki akses jalan utama yang memudahkan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja. 

Baca Juga: Pacu Pertumbuhan Segmen Ritel, CSAP Buka Mitra10 di Yogyakarta

Prospek usaha CSAP tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan oleh pemerintah sebesar 5,2% (BI). Tentunya pertumbuhan ini tidak terlepas kaitannya dengan konsumsi dan kebutuhan akan perumahan oleh masyarakat Indonesia. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga meningkat 5,1% dengan tingkat inflasi 2,8% (BI). Backlog kebutuhan akan rumah telah mencapai 7,6 juta rumah (data dari Kementerian PUPR Maret 2019). Dengan indikator ini, CSAP sangat konfiden bahwa iklim usaha di Indonesia sangat prospektif, kondusif dan mendukung pertumbuhan bisnis CSAP yang fokus di bidang bahan bangunan baik itu distribusi maupun ritel modern.

Manajemen CSAP menekankan pada ekspansi strategis yang agresif untuk menangkap/memperkuat pangsa pasar. Sampai dengan tahun 2021 Perseroan menargetkan jumlah toko Mitra10 akan mencapai 50 toko. Lokasi toko akan disebarluaskan di Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Kalimantan. 

Baca Juga: Gencar Bangun Mitra10, CSAP Mau Kontribusi Ritel Jadi 50%

Tahun 2020, CSAP berencana menambah delapan gerai baru Mitra10 di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Sehingga pada akhir 2020 mendatang sudah memiliki 42 gerai Mitra10 dari rencana besar Perseroan untuk memiliki 50 jaringan ritel modern pada 2021 mendatang. Kehadiran gerai baru tersebut akanmemperkuat pertumbuhan segmen ritel modern yang kami jadikan motor pertumbuhan bagi CSAP, selaku induk usaha, papar Idrus Widjajakusuma menjelaskan lebih lanjut. 

Selain melakukan ekspansi yang agresif untuk pembukaan ritel modern Mitra10, CSAP juga memperkuat kinerja dengan menambah principal dan produk baru yang inovatif, Meningkatkan kontribusi Private/ Exclusivebrands (OEM) seperti produk granite tilesbathkitchen, lightings, dan produk-produk lainnya.

Tahun 2019, CSAP menargetkan pertumbuhan secara konsolidasi sebesar 13% yang ditopang dari target pertumbuhan Distribusi sebesar 10% dan Ritel Modern sebesar 20% untuk menopang target pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar Rp. 12 triliun pada 2019. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini