2 Hari Tertimbun Longsor, 9 Penambang Emas Ilegal Dievakuasi dalam Keadaan Selamat

2 Hari Tertimbun Longsor, 9 Penambang Emas Ilegal Dievakuasi dalam Keadaan Selamat Foto: Viva

Sembilan penambang emas ilegal di Citorek Kidul, Lebak, Banten, yang tertimbun longsor pada Jumat, 6 Desember 2019 lalu berhasil dikeluarkan. Sembilan korban tersebut dalam kondisi selamat. 

"Alhamdulillah sembilan orang masyarakat yang terjebak di penambangan emas ilegal Citorek Kidul sudah terselamatkan, dan semuanya sehat walafiat," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Minggu, (7/12/2019).

Baca Juga: Menhub: Perombakan Direksi Tak Ganggu Operasional Garuda

Dia menjelaskan, longsor yang terjadi pada Jumat malam akibat hujan yang turun sejak sore hari. Agus menuturkan, awalnya korban timbunan longsor diketahui 12 orang, namun ketika longsor terjadi, petugas gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD Banten, TNI, Polri, dan dibantu warga sekitar berhasil menemukan tiga orang, yakni Hilman, Eye, dan Enay.

Proses pencarian sembilan orang lainnya berlangsung cukup lama. Pasalnya, lokasi timbunan dipenuhi material bebatuan dan pasir yang terbawa arus akibat luapan aliran Sungai Cimadur di Kecamatan Bayah, Lebak. Namun akhirnya kesembilan orang lainnya berhasil diselamatkan pagi tadi.

Baca Juga: Mellya Juniarti Curhat: Saya Disalahkan Karena Cerai dengan UAS

Adapun sembilan penambang emas yang berhasil diselamatkan dari timbunan longsor itu, yakni Halsa, Juli, Ade, Batak, Fai, Dari, Anda, Hamdan, dan Surahman. Mereka semua kini mendapatkan perawatan di rumah sakit.  

Sebagai informasi, banjir bandang yang melanda Citorek Kidul itu terjadi pada Jumat malam pukul 20.30 WIB. Banjir bandang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak pukul 17.00 WIB. Hujan lebat membuat Sungai Cimadur meluap dan mengakibatkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Bayah yang terletak di bantaran Sungai Cimadur.

Selain menyebabkan longsor dan menimbun sembilan penambang emas di Citorek Kidul, luapan Sungai Cimadur juga menyebabkan sejumlah rumah warga terendam air. Rumah yang terendam banjir, di antaranya di Kampung Sukajaya Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah dan Kampung Hegarmanah, Kampung Cimeundeut, Kampung Taringgul, Desa Cimancak, Lebak Banten.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini