Rinaldy Yunardi Menyabet 3 Penghargaan di WOW Awards 2019

Rinaldy Yunardi Menyabet 3 Penghargaan di WOW Awards 2019 Foto: Sindonews

Karya rancangan Rinaldy A Yunardi berhasil menyabet tiga penghargaan di ajang World of Wearable Art (WOW) Awards 2019 yang diselenggarakan di Wellington, New Zealand, belum lama ini. Ketiga penghargaan tersebut didapat dari busana rancangannya yang diberi nama The Lady Warrior. Ketiga penghargaan yang didapat Rinaldy adalah Supreme WOW Award, Avant-Garde Section Award, dan International Design Award: Asia. Dalam menciptakan The Lady Warrior, Rinaldy terinspirasi pejuang yang paling tangguh,yaitu para perempuan.

"The Lady Warrior bukan menggambarkan kekuatan fisik, melainkan kekuatan dalam diri yang dimiliki seorang anak perempuan, istri, dan ibu,” ujar Rinaldy di Seia, Menara Astra, Selasa (29/10).

Baca Juga: Rinaldy A Yunardi, Maestro Desainer Aksesori Indonesia

Dalam menciptakan The Lady Warrior, Rinaldy menggunakan berbagai macam bahan untuk merepresentasikan elemen berbeda. "Saya menggunakan kertas daur ulang yang dibuat menjadi tali, kemudian ditenun erat. Ini merupakan simbol kemanusiaan dan kekuatan dalam diri yang dibangun dari pengalaman perempuan," kata Rinaldy.

Pendiri WOW yang juga merupakan juri tetap kompetisi ini, Dame Suzie Moncrieff, mengatakan, The Lady Warrior merupakan busana yang dideskripsikan para juri sebagai metamorfosis luar biasa dari bahan organik yang rapuh menjadi sesuatu yang sangat indah. Dengan membangun keseimbangan danbentuk yang sempurna, didukung keahlian apik, TheLady Warrior menggambarkan harmoni antara kerapuhan yang memesona dan kekuatan yang halus. “Para juri sangat menyukai penggunaan teknik tenun tradisional untuk membuat bahan yang sangat kontemporer,” ujar Moncrieff.

Dia menambahkan, tahun ini 115 desainer finalis dihadapkan pada enam tantangan desain yang kemudian dijadikan pertunjukan busana enam dunia. Tiga tema tetap yang selalu dipakai setiap tahunnya adalah Aotearoa yaitu sebutan suku Mori untuk New Zealand, Avant-garde yang berarti hal yang baru dan tidak biasa, serta terbuka. Tiga tema lainnya adalah tema baru pada 2019, yaitu Mitos, Transformasi, dan Putih.

Pada WOW 2019, Rinaldy harus bersaing ketat. Apalagi, ada 108 finalis di kompetisi WOW 2019. Para finalis tersebut berasal dari 22 negara yang saling bersaing untuk memenangi satu dari 34 penghargaan dan hadiah sebesar NZD180.000 (Rp1,6 miliar). Rinaldy berhasil mengalahkan desainer aksesori lainnya, seperti The Maw bt Bariness Varcra III dari New York, Amerika Serikat, serta Luna Roschach by Natasha dan Tatyanna Meharry dari Selandia Baru.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini