Utomodeck Perkenalkan Konsep Integrated Safety

Utomodeck Perkenalkan Konsep Integrated Safety Foto: Agus Aryanto

Pada tahun 2018, angka kecelakaan kerja meningkat sebanyak 40%. Salah satu kecelakaan yang mendominasi adalah jatuh dari ketinggian di mana hal ini terjadi baik pada tahap konstruksi dan juga tahap perawatan suatu bangunan.

Untuk mengurangi kasus kecelakaan kerja, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan Nomor 9 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bekerja di Ketinggian, untuk mendorong peningkatan partisipasi para pelaku usaha agar lebih memperhatikan aspek K3 saat bekerja di ketinggian dan melakukan tindakan pencegahan maupun perbaikan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018 yakni dengan pengaman kejatuhan permanen di atas bangunan atau lazimnya dikenal dengan konsep Fall Protection System atau pengaman kejatuhan yang diamanatkan oleh regulasi untuk setiap kegiatan yang berisiko kejatuhan yakni melalui permen tersebut.

Namun, hal ini cukup menjadi tantangan bagi para pelaku industri di mana penerapan peraturan ini membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Selain itu, melihat kemajuan desain, teknologi, serta arsitektural bangunan yang semakin unik dan futuristik memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku industri dalam melakukan pemeliharaan.

Baca Juga: Benarkah Lembur Kerja Akibatkan Pria Berisiko 2 Kali Lipat Alami Kebotakan?

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah bagaimana beberapa bangunan yang memiliki arsitektural unik seperti bandara, bangunan komersial, bangunan pabrik, perkantoran yang pada awalnya terlihat indah, namun seiring berjalannya waktu terlihat kotor dikarenakan kesulitan dalam akses melakukan perawatan.

Memenuhi kebutuhan tersebut, Utomodeck, penyedia solusi atap, bersama mitra prinsipalnya MSA Latchways melaksanakan capacity building menghadirkan tenaga ahli pengaman kejatuhan kelas dunia yakni Andrew Pass dari UK khususnya untuk konsep Design for Safety kepada stakeholders yakni pengembang, arsitek, maupun regulator di mana aspek K3 telah diperhitungkan sejak dini pada tahap perencanaan sebuah bangunan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini