Perry Warjiyo Sabet Penghargaan Governor of the Year se-Asia Pasifik

Perry Warjiyo Sabet Penghargaan Governor of the Year se-Asia Pasifik Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meraih penghargaan Governor of the Year se-Asia Pasifik dari media Global Markets. Penghargaan diberikan kepada Perry Warjiyo atas keberhasilannya dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah kondisi ekonomi dan politik yang bergejolak serta transformasi digital yang dilakukan BI.

Seremonial penyerahan penghargaan akan dilaksanakan di Washington DC, Amerika Serikat besok, Sabtu (19/10/2019), dalam rangkaian kegiatan IMF-World Bank Annual Meeting.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengungkapkan, Global Markets memandang Gubernur BI telah menunjukkan kepemimpinan dalam mendorong transformasi dan pengembangan berbagai inovasi di era digital.

Baca Juga: Sepak Terjang Perry Warjiyo, dari Anak Petani Hingga Jadi Bos BI

"Beberapa hal di antaranya melalui pemberian dukungan bagi perkembangan teknologi finansial (fintech) dan memperkenalkan standar kode respons cepat pembayaran Indonesia (Quick Response Indonesian Standard/QRIS) dengan tujuan mendorong efisiensi transaksi dan mempercepat inklusi keuangan, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar Onny di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Selain itu, Perry juga dinilai telah melakukan keputusan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memitigasi dampak perang dagang antara Amerika dan Tiongkok, serta memberikan forward guidance yang akan mendukung momentum pertumbuhan yang selaras dengan upaya pemerintah.

Global Markets merupakan surat kabar online bagian dari Euromoney Institutional Investor, yang turut aktif dalam penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting, European Bank for Reconstruction and Development Annual Meeting, dan Asian Development Bank and Inter-American Development Bank Annual Meeting.

Media ini menyelenggarakan Global Market Awards setiap tahunnya, yang diberikan kepada para pembuat kebijakan, khususnya Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral secara global. Award diklasifikasikan berdasarkan kawasan, termasuk untuk kawasan Asia Pasifik.

Tahun sebelumnya (2018), penghargaan serupa diberikan kepada Managing Director Monetary Authority of Singapore (MAS) Bank Sentral Singapura, Ravi Menon.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini