Bagaimana Cara Kirim E-Mail yang Baik? Begini Loh Saran Seorang Miliarder Amerika....

Bagaimana Cara Kirim E-Mail yang Baik? Begini Loh Saran Seorang Miliarder Amerika.... Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel

Teruntuk para calon pekerja ataupun pegiat startup yang bertugas menarik minat investor, pernahkah Anda mengirim surat elektronik (e-mail) tetapi tak kunjung dibalas? Mungkin, isi surat elektronik Anda lah yang menyebabkan hal itu.

Miliarder sekaligus investor Kevin O'Leary menyebutkan sejumlah kesalahan penulisan surat-el yang kerap kali membuatnya malas membaca, apalagi membalasnya.

Pertama, kalimat ajakan untuk makan siang. "Saya benci kalimat itu, tetapi banyak sekali yang menuliskan hal itu dalam surat-el kepada saya," kata O'Leary, seperti dilansir dari CNBC Make It, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga: Anti Boros, Miliarder Ini Bagikan Tips Kelola Uang untuk Makan

Lebih lanjut, penggunaan emotikon seperti senyum dalam surat-el Anda dapat mengganggu penerima pesan seperti sang miliarder itu.

"Wajah tersenyum kecil (dalam pesan elektronik) benar-benar membuatku kesal," imbuh O'Leary. 

Miliarder "Shark Tank" itu menyarankan agar pengirim surat-el membuat satu paragraf singkat, padat, dan langsung ke inti permasalahan--namun tetap spesifik. Sebab, ada banyak surat-el yang masuk di akun perusahaan yang Anda lamar ataupun investor yang Anda incar.

O'Leary dengan tegas berujar, "Beritahu saya apa yang Anda inginkan, tuliskan judul yang menarik. Saya tak akan membuang waktu, kecuali Anda memberitahukan yang diinginkan."

"Buat satu paragraf dan katakan padaku apa yang kamu inginkan," katanya, "aku tidak akan membuang-buang waktuku kecuali aku tahu apa yang kamu inginkan."

Pesan yang langsung ke intinya merupakan cara berkomunikasi yang efektif. Hal itu dapat membantu wirausahawan untuk berhasil mendapatkan target yang mereka bidik, menurut si miliarder.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini