Acer Perkuat Bisnis Solusi Berteknologi IoT

Acer Perkuat Bisnis Solusi Berteknologi IoT Foto: Warta Ekonomi

Acer memperkenalkan solusi smart water, smart power, smart lighting, dan smart agriculture sebagai solusi berteknologi internet of things (IoT) yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integrasi jaringan untuk memberikan informasi real-time dan keputusan sesuai kebutuhan organisasi di Indonesia.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia, menyatakan, Acer sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi end-to-end berperan aktif dalam menyambut era industri 4.0 dan membantu pemerintah serta pelaku bisnis mewujudkan smart city pada 2020.

"Ini tentu sejalan dengan misi pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia. Kolaborasi antara swasta, pemerintah, dan penyedia solusi, merupakan tiga hal penting dalam komponen smart city. Kami di Acer sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city," kata dia belum lama ini.

Baca Juga: Acer Luncurkan Solusi dan Teknologi Altos untuk Bisnis Big Data

Smart water dari Acer memberikan keleluasaan pada perusahaan dan pemerintah dalam mengelola ketersediaan air minum bagi warganya. Solusi ini menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis.

Bagi konsumen rumah tangga, solusi ini memberikan fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air. Pemanfaatan smart water sudah diimplementasikan di Kaosiung, Taiwan, bagi perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan.

Perusahaan mengklaim bahwa implementasi smart water di Kaohsiung meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibandingkan saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan smart water Acer.

Smart water merupakan solusi komprehensif yang terdiri dari rangkaian teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan berbeda yaitu, water quality yang merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap ketentuan peraturan pemerintahan yang berlaku mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar.

Sebuah penelitian menunjukkan, ada kebocoran penggunaan air yang cukup tinggi hingga 40% (misalnya dalam distribusi atau penggunaan industri) di negara berkembang. Water flow system menjadi solusi untuk memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industri atau kawasan.

Serta water meter ialah solusi dengan teknologi wireless Lora memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air secara wireless sehingga mudah dipantau.

Baca Juga: Acer Indonesia Optimis Revenue Tahun 2019 Tumbuh Double Digit

Selanjutnya, smart power dan smart lighting, merupakan solusi berteknologi IoT yang memudahkan perusahaan dan pemerintah mengatur pemakaian konsumsi energi listrik untuk penerangan kota, gedung, dan instalasinya.

Solusi ini dapat mengatur kapan konsumsi daya listrik lebih diperlukan atau harus dikurangi, sehingga pengguna bukan saja menghemat biaya, tapi juga memberikan daya lebih lama lagi untuk pemakaian listrik di hari lain.

Terakhir, smart agriculture membantu perusahaan agribisnis dan petani meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam, dan panen yang tepat. Solusi ini pun membantu petani mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini