Eastparc Jual Saham ke Publik, Investor Langsung Gerak Cepat

Eastparc Jual Saham ke Publik, Investor Langsung Gerak Cepat Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Pemilik hotel Eastparc Express Yogyakarta, PT Eastparc Hotel Tbk (EAST) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ketika memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan, harga saham EAST langsung menguat hingga 49,62 persen ke level Rp199 dari harga penawaran senilai Rp133 per saham.

 

Kenaikan harga saham EAST di awal perdagangan tersebut ditopang oleh frekuensi transaksi sebanyak 13 kali dengan volume transaksi sebanyak 708 lot, sehingga nilai transaksi emiten ke-25 di 2019 ini mencapai senilai Rp14,09 juta.

 

Baca Juga: OJK Tetapkan Saham Eastparc Hotel sebagai Efek Syariah

 

Pada pelaksaan IPO ini, perusahaan perhotelan, restoran, kafe dan eventorganizer.tersebut melepas412.636.600 lembar saham atau setara dengan 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Sehingga, dengan harga penawaran Rp133 per saham, maka EAST mampu meraup dana dari pasar modal sebesar Rp54,88 miliar.

 

Manajemen EAST menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Pelaksanaan IPO ini juga dibarengi dengan penerbitan Waran Seri I sebanyak412.636.600 lembar menyertai saham baru yang namanya tercatat dalam daftar penjatahan IPO, yaitu 4 Juli 2019.

 

Setiap pemegang satu saham baru berhak memperoleh satu waran, sehingga setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru yang bernilai nominal Rp50 setiap sahamnya dengan harga pelaksanaan sebesar Rp190.

 

Selain Penawaran Umum Perdana Saham, Gusti Sabah Binte Zakaria Bagharib selaku pemegang saham perseroan juga melakukan penawaran terbatas atas saham-saham miliknya sebanyak 412.636.600 saham biasa atas nama atau sebanyak 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam EAST.

 

Baca Juga: Fuji Finance Masuk Bursa, Sahamnya Laris Manis

 

Rencananya, dana hasil IPO akan digunakan untuk pembangunan hotel bintang empat Eastparc Express yang berada di bagian utara Eastparc Hotel Yogyakarta dengan tanah seluas 1.210 meter persegi. Perkiraan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek Eastparc Express senilai Rp115 miliar.

 

Presiden Direktur Eastparc Hotel, Khalid bin Omar Abdat, saham EAST mendapatkan respons yang sangat baik dari publik, karena mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 4,51 kali dari total saham yang ditawarkan atau 363,26 kali dari alokasi penjatahan terpusat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini