Sweeping Rombongan Aksi 22 Mei, Kapolda Ngaku Sudah Dapat Restu dari Ulama

Sweeping Rombongan Aksi 22 Mei, Kapolda Ngaku Sudah Dapat Restu dari Ulama Kredit Foto: Antara/Bima Sena

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan mengungkapkan, pihaknya telah menggagalkan keberangkatan tiga bus, yang memuat rombongan diduga akan mengikuti aksi 22 Mei di Jakarta.

Baca Juga: Polisi Batalkan Keberangkatan Tiga Bus yang Mau Aksi 22 Mei di Jakarta

Tiga bus yang digagalkan masing-masing rombongan dari Malang, Kabupaten Madiun, dan Tulungagung.

"Terkait dengan rencana beberapa masyarakat Jawa Timur yang akan berangkat ke Jakarta, sampai dengan sore hari ini ada satu yang bus yang sudah kami amankan di wilayah Malang. Kemudian ada dua bus lagi dari Madiun dan dari Tulungagung yang dibatalkan," ujar Luki di Mapolda Jatim, Surabaya, Ahad (19/5).

Luki menyatakan, rombongan penumpang ketiga bus tersebut dipulangkan ke rumah masing-masing. Terkait temuan di lapangan, Luki mengatakan, pihaknya tidak menemukan benda-benda berbahaya, seperti senjata tajam dan sebagainya. Hanya saja, koordinator rombongan mengakui tujuan keberangkatan mereka adalah ke Jakarta.

"Sampai saat ini masih belum kita temukan tapi memang hasil keterangan dari koordinator lapangan mereka memang akan berangkat ke Jakarta itu saja," ujar Luki.

Luki menegaskan, aksi sweeping terhadap rombongan-rombongan yang akan mengikuti aksi 22 Mei akan terus dilakukan. Luki mengaku, aksi tersebut pun sudah mendapat dukungan dari tokoh-tokoh agama, dan tokoh-tokoh masyarakat di Jawa Timur.

"Terima kasih kepada tokoh-tokoh agama tokoh-tokoh masyarakat yang sudah mensupport kami dari TNI dan Polri yang mana masyarakat Jawa Timur khususnya tokoh-tokoh agama mendukung kerja kami terkait dengan kegiatan ataupun isu yang berkembang yaitu masalah people power," kata Luki.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini