Potensi Wakaf Rp300 Triliun, Tapi Realisasi Baru Rp500 Miliar, Kok Bisa?

Potensi Wakaf Rp300 Triliun, Tapi Realisasi Baru Rp500 Miliar, Kok Bisa? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai potensi wakaf di Indonesia amatlah besar, apalagi 85% masyarakat Indonesia adalah muslim. Lebih lanjut, laporan menunjukkan potensi aset wakaf tunai per tahun mencapai lebih dari Rp100 triliun, dengan realisasi sekitar Rp 400 miliar di tahun 2018.

"Data terakhir menunjukkan bahwa potensi wakaf di Indonesia mencapai Rp300 triliun dengan realisasi yang baru mencapai sekitar Rp500 miliar," kata Ketua Lembaga Wakaf MUI Lukmanul Hakim di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Baca Juga: AXA Financial Gandeng MUI Luncurkan Program Wakaf

Menurutnya, masih besarnya potensi yang belum tergarap ini, salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat. Untuk itu, seluruh pihak perlu bekerja sama melakukan edukasi dan sosialisasi agar potensi ini dapat dioptimalkan. Saat ini dari ribuan Sahabat Wakaf yang dimiliki oleh MUI, 102 orang Sahabat Wakaf telah tersertifikasi.

"Wakaf belum cukup dimengerti oleh masyarakat seperti Infaq dan Zakat," tambah dia.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan wakaf, AXA Financial Indonesia secara rutin menyelenggarakan program literasi keuangan dan asuransi kepada masyarakat di 15 kota dimana perusahaan beroperasi dan dengan mengoptimalkan penggunaan digital serta media sosial.

AXA Financial Indonesia juga terus membangun kapasitas para agen, termasuk agen Asuransi Syariah yang saat ini mencapai lebih dari 1.000 orang, agar dapat memberikan informasi yang tepat kepada nasabah.

Kemudian, AXA Financial Indonesia dan Lembaga Wakaf MUI, hari ini meluncurkan Program Wakaf Mudah Bersama AXA. Melalui kerja sama ini, pemegang polis Asuransi Syariah dari AXA Financial Indonesia kini bisa mendapatkan kemudahan untuk memiliki perlindungan asuransi jiwa yang menyeluruh, sekaligus menyempurnakan ibadahnya melalui wakaf.

"Kami percaya program ini memberikan kemudahan akses untuk nasabah berwakaf dan juga mendukung penetrasi Asuransi syariah di Indonesia. Dan untuk melengkapi rangkaian bulan Ramadan ini, AXA Financial Indonesia juga mengadakan program donasi melalui jalur distribusi Telemarketing. Melalui inisiatif ini, nasabah dapat memiliki proteksi dari AXA Financial Indonesia sekaligus berwakaf melalui Lembaga Wakaf MUI,“ kata Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia.

Menanggapi hal itu, Lukmanul Hakim menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kemitraan MUI dengan AXA Financial Indonesia merupakan contoh baik dalam mendorong donasi wakaf produktif.

"Kami yakin AXA Financial Indonesia yang didukung dengan ribuan agen asuransi, akan menjadi salah satu mitra yang turut berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai wakaf dan mendorong pertumbuhan wakaf di Indonesia mengingat potensinya yang masih besar," tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini