Tingkatkan Produksi Panen, Gubernur Sumut Motivasi Seluruh Petani

Tingkatkan Produksi Panen, Gubernur Sumut Motivasi Seluruh Petani Foto: Khairunnisak Lubis
Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi memotivasi para petani di Sumut untuk meningkatkan produksi panen, mengingat jumlah penduduk setiap tahun semakin bertambah.?

Dikatakannya, provinsi Sumut memiliki potensi sumberdaya pertanian yang sangat berlimpah untuk memproduksi pangan guna memenuhi kebutuhan pangan lokal.

"Potensi yang besar tersebut harus kita jadikan sebagai modal dalam peningkatan produksi komoditas strategis, terutama padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, daging, gula serta komoditi lainnya," katanya Jumat (13/10/2017).

Gubsu juga? meyakini peningkatan produksi pangan pokok dan strategis akan dampak pada stabilitas pasokan dan pangan sehingga meningkatkan aksesibilitas sekitar 5.626.541 jiwa dari jumlah penduduk sekitar 14.102.9011, artinya 39,90 persen penduduj Sumut adalah pemuda.?

"Jika terdapat setengah atau sekitar 2,8 juta jiwa pemuda yang handal berada di sektor pertanian maka masalah pangan pada saat ini dapat diatasi," katanya.

Kembali dikatakannya, dalam rangka mewujudkan swasembada pangan khusus kabupaten Labuhan batu, maka Pemprov Sumut telah mengalokasikan dana baik APBN maupun APBD TA 2017 sebesar Rp4,4 miliar yang diperuntukkan untuk pengadaan benih padi sebanyak 22,5 ton dab kedelai sebanyak 600 Ha.?
"Juga kita berikan pengadaan alsintan berupa conbine harvester, traktor roda 2, pompa air, rice transplanter, cultivator, hand sprayer, jaringan irigasi serta unit pengelolahan pupuk organik," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini