Dua Proyek Jasa Marga Peroleh Pembiayaan Kredit Sindikasi Rp.7,765 Triliun

Dua Proyek Jasa Marga Peroleh Pembiayaan Kredit Sindikasi Rp.7,765 Triliun Foto: Sufri Yuliardi

Unit usaha di bawah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Pandaan Malang dan PT Jasamarga Manado Bitung mendapatkan pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp7,765 triliun.

Dari kredit sindikasi senilai Rp7,765 triliun terbagi untuk membiayai pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang senilai Rp4.179 triliun dan Manado Bitung senilai Rp3,586 triliun.

Kredit sindikasi untuk proyek jalan tol Pandaan-Malang diberikan oleh Bank Mandiri, BNI, dan BCA sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Indonesia Eximbank dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BCA, Agen Jaminan Bank Mandiri, dan Agen Penampungan BNI.

Sementara kredit sindikasi untuk proyek jalan tol Jasamarga Manado-Bitung diberikan oleh BNI, BCA, Bank Mandiri, dan Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Sulselbar, Bank RiauKepri dan Bank Jateng, serta Agen Fasilitas BNI, Agen Jaminan BCA dan Agen Penampungan Bank Mandiri.

Dalam penandatanganan perjanjian fasilitas kredit sindikasi berjangka waktu 15 tahun tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung, dan perwakilan dari setiap bank yang memberikan kredit sindikasi.

Penandatanganan perjanjian kredit ini turut disaksikan oleh Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Donny Arsal dan Senior Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar.

"Saya sangat apresiasi rekan-rekan perbankan. Terima kasih karena sudah dua financial close. Sehingga sudah ada kepastian mengenai pendanaan dari dua proyek ini. Dimana kita tidak hanya menggunakan konvensional, tapi peranan perbankan sangat krusial dari sisi pendanaan awal," ujar Direktur Keuangan PT Jasa Marga, Donny Arsa di Kantor Pusat Jasa Marga, Jumat (13/10/2017).

Pembangunan tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km dan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,90 km, ditargetkan dapat dioperasikan pada tahun 2019.

Sebagai informasi tambahan, PT Jasa Marga Pandaan Malang merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan PT PP (Persero) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dimana PT Jasa Marga (Persero) Tbk memiliki kepemilikan saham sebesar 60%, PT PP (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%.

Sementara untuk PT Jasamarga Manado Bitung merupakan perusahaan patungan dengan komposisi kepemilikan saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 65%, PT WIKA (Persero) Tbk sebesar 20%, dan PT PP (Persero) sebesar 15%.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini