Bangka Belitung Didorong Kembangkan Sektor Pangan dan Pertanian

Bangka Belitung Didorong Kembangkan Sektor Pangan dan Pertanian Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengembangkan sektor pangan dan pertanian sebagai upaya menjaga stabilitas angka inflasi di daerah itu.

"Kemenko Bidang Perekonomian selalu mengingatkan kepada pemerintah daerah agar menyiapkan produksi pangannya sehingga tidak bergantung secara terus menerus dari daerah lain," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Pangkalpinang, Kamis (28/9/2017).

Ia menerangkan suatu daerah yang tidak mengandalkan sektor pertanian dan pangan pasti mengalami kenaikan angka inflasi yang cukup tinggi karena sebagian besar komoditas didatangkan dari luar wilayah.

"Dari dulu Kepulauan Babel dikenal sebagai daerah pertambangan timah sehingga sektor pertanian dan pangan kurang menonjol untuk dikembangkan," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah juga harus menyiapkan infrastruktur seperti tempat pendingin penyimpanan ikan untuk mengatasi inflasi harga dari komoditas kelautan yang sering terjadi di Kepulauan Babel.

"Kepulauan Babel yang dikelilingi oleh laut sangat disayangkan apabila komoditas utamanya cenderung menimbulkan inflasi sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat segera membangun tempat pendingin penyimpanan ikan sebagai upaya menjaga stok dan harga di pasaran," katanya.

Menurut Darmin, kendala selama ini dalam proses pembangunan pendingin penyimpanan ikan ialah masalah ketersediaan dan kontinuitas daya listrik terutama di daerah kepulauan terpencil.

"Kami bersama pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengatasi daya listrik dalam upaya pembangunan pendingin penyimpanan ikan di Kepulauan Babel," katanya. (CP/Ant)

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini