Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 02 Juli 2016

  • Terminal 3 - Kemenhub verifikasi ulang Terminal Ultimate 3 usai Lebaran.

  • Terminal 3 - Kemenhub verifikasi ulang Terminal Ultimate 3 usai Lebaran.

  • Lahan - PT Colliers International Indonesia melansir penjualan lahan industri di Jakarta Raya mencapai 29,03 hektare selama kuartal II/2016.

  • JRPT - PT Jaya Real Property Tbk. (JRPT) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp21 per lembar saham.

  • Emiten - BEI melakukan penghentian sementara perdagangan efek di pasar reguler dan pasar tunai sekitar 8 perusahaan tercatat dan memperpanjang suspensi perdagangan 10 perusahaan tercatat.

  • NIRO - PT Nirvana Development Tbk tengah membidik akuisisi sejumlah pusat perbelanjaan untuk menopang pertumbuhan anorganik.

  • CSAP - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) meningkatkan penyertaan modal pada anak usaha, PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) sebesar Rp200 miliar.

  • MPPA - PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) membuka Foodmart Primo, gerai supermarket berskala atas yang kedua di Lippo Mall Kuta Bali.

  • BUMI - Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menetapkan perpanjangan masa restrukturisasi utang tetap PT Bumi Resources Tbk hanya selama 90 hari.

  • MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. resmi menguasai seluruh saham PT Newmont Nusa Tenggara senilai US$2,6 miliar dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

  • SUGI - PT Sugih Energy Tbk. (SUGI) tidak membagikan dividen tahun buku 2015 lantaran perseroan masih menderita rugi bersih.

  • SUGI - Emiten pertambangan minyak dan gas PT Sugih Energy Tbk. (SUGI) merombak jajaran komisaris dan direksi perseroan.

  • Bursa - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak beroperasi pada 4-8 Juli 2016

  • APBN-P TA 2016 - Defisit dalam APBN-P TA 2016 sebesar Rp296.72 triliun atau 2,35% dari PDB. Jumlah tersebut lebih tinggi dari APBN TA 2016.

Perkaya Konten Berita, Karjodihardjo Luncurkan Pusat Siaran Pers Indonesia

Foto Berita Perkaya Konten Berita, Karjodihardjo Luncurkan Pusat Siaran Pers Indonesia

WE Online, Jakarta - Untuk memberikan kemudahan kepada jurnalis dan para pengelola media terhadap kebutuhan konten berita yang cepat dan terpercaya, maka Karjodihardjo Media Center mendirikan Pusat Siaran Pers Indonesia (PSPI) atau Indonesian Press Release Center.

PSPI ini akan menampung semua artikel Siaran Pers dari berbagai lembaga organisasi baik organisasi pemerintahan, maupun organisasi sosial, politik, budaya, ataupun dari korporasi.

"Kami ingin memberikan terobosan kemudahan kepada lembaga untuk menyalurkan informasi yang disampaikan melalui Press Release kepada publik dengan cara yang efektif," kata President & CEO Karjodihardjo Corporation, Budi Purnomo Karjodihardjo di Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Menurut Budi Purnomo, biasanya lembaga/organisasi hanya mengirimkan Siaran Pers ke beberapa media saja, sehingga sangat disayangkan karena ada kesan pilih kasih karena tidak semua media menerima informasi yang sama.

"Dengan adanya Pusat Siaran Pers ini, semua media akan memperoleh akses yang sama untuk mengutip Siaran Pers dari institusi yang mengirim kepada kami," katanya.

Budi menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan website yang akan menjadi penampung semua tulisan Siaran Pers yang diterima, dan akan dipublikasikan secara real time di website Pusatsiaranpers.com.

Untuk langkah pertama, Pusat Siaran Pers menggandeng beberapa organisasi kewartawanan dan penerbitan pers untuk mempublikasikan Siaran Pers yang ada di Pusatsiaranpers.com

Selain itu, Budi juga akan menggandeng kerjasama dengan institusi pemerintah (pusat dan daerah), serta swasta untuk memanfaatkan  Pusat Siaran Pers ini sebagai sarana untuk menjalankan kewajiban keterbukaan Informasi publik.

"Silahkan saja, organisasi apapun boleh mempublikasikan Siaran Pers di website kami, dan silahkan juga dari media apapun juga dari seluruh nusantara ini untuk mengutip atau mempublikasikan Press Release yang dimuat di website ini," kata Budi.

Menurut Budi Purnomo, dengan kehadiran Press Release Center ini akan ada kemudahan kepada lembaga/organisasi, bahkan perorangan para opininon leader, seperti anggota DPR, pengamat, atau selebritas bahkan Tim Sukses Pilkada untuk menyebarluaskan siaran persnya di Pusatsiaranpers.com ini.

Sehingga, tujuan pembuatan Siaran Pers agar pesan yang disampaikan mencapai sasaran atau target audience yang dimaksud, memiliki dampak publikasi yang luas dan tersegmen, tapi diimplementasikan secara efisien dan efektif.

Bekerjasama dengan perusahaan komunikasi internasional, yaitu PR Newswire, Pusat Siaran Pers juga menyediakan konten Siaran Pers dari institusi internasional, termasuk dari Asia ataupun mancanegara lainnya.

"Silahkan media mengutip, Press Release itu bisa diakses langsung melaui Pusatsiaranpers.com," katanya.

Seperti diketahui, Budi Purnomo adalah Ketua Indonesia Media Center Club (IMC2) yang juga seorang praktisi media dan komunikasi. Budi pernah menjadi Direktur Media Center Timkamnas Prabowo-Hatta, dan pernah menjadi Koordinator Tim Kampanye Jokowi-Ahok.

Selain itu, Budi juga banyak berpartisipasi dalam memenangkan Pilkada di beberapa daerah, atau pun membantu strategi komunikasi untuk corporate action perusahaan publik.

Tag: pers

Penulis: ***

Editor: Achmad Fauzi

Foto: Sufri Yuliardi

Recomended Reading