Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Kamis, 29 Juni 2017

  • 08:48 WIB. Minyak - Goldman Sachs merevisi proyeksi harga minyak WTI pada kuartal III-2017 menjadi US$47,50 per barel.
  • 08:47 WIB. Samsung - Samsung Electronics sepakat membuka pabrik peralatan rumah tangga senilai US$380 juta di AS.
  • 08:46 WIB. UE - Uni Eropa memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia hingga 31 Januari 2018.
  • 07:56 WIB. Ransomware - TNT Express mengalami serangan virus ransomware jenis Petya.
  • 07:54 WIB. AS - Donald Trump dan Vladimir Putin bakal mengadakan pembicaraan saat pertemuan G20 di Jerman bulan depan.
  • 07:52 WIB. AS - Presiden Donald Trump akan menekan Presiden Korsel Moon Jae-In soal ketidakseimbangan neraca perdagangan.
  • 07:51 WIB. Lazada - Lazada mencatatkan 23 juta pembeli aktif per 31 Maret 2017.
  • 07:33 WIB. Alibaba - Alibaba melakukan penambahan investasi di Lazada sebesar US$1 miliar sehingga kepemilikan saham menjadi 83%.
  • 07:05 WIB. Kemenhub : Truk Angkutan Barang Tak Operasi hingga 3 Juli.
  • 06:59 WIB. Petya Ransomware - Virus Petya Ransomware Serang Sistem Komputer Seluruh Dunia.
  • 06:57 WIB. Manado - Bulog Jamin Stok Beras Hadapi Pengucapan Syukur.
  • 06:36 WIB. Milan - AC Milan incar penyerang Sunderland, Fabio Borini.
  • 06:13 WIB. Roma - AS Roma dapatkan bek Feyenoord Rick Karsdorp dengan nilai transfer Rp212 miliar.
  • 03:49 WIB. Piala Konfederasi - Chile melaju ke final Piala Konfederasi usai kalahkan Portugal dalam adu penalti 3-0.
  • 03:43 WIB. Piala Konfederasi (29/6) - Portugal 0 - 0 Chile (*P 0-3)

Duh! Calo Tiket Masih Berkeliaran di Tanjung Priok

Foto Berita Duh! Calo Tiket Masih Berkeliaran di Tanjung Priok
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sejumlah calo tiket kapal masih banyak terlihat di sekitar depan pintu masuk terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin, atau sepekan menuju Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 25 Juni 2017. Meski demikian, keberadaan calo baru dapat dideteksi ketika ada calon penumpang yang terlihat kebingungan karena tidak dapat menemukan loket penjualan tiket di area terminal.

Sejumlah calo langsung sigap menawarkan tiket masuk pada calon penumpang yang datang ke pelabuhan tanpa persiapan. Keberadaan calo itu turut dikonfirmasi oleh seorang petugas embarkasi pelabuhan di terminal penumpang yang tengah bertugas.

"Ya itu calo," kata petugas debarkasi Roy Charles sembari menunjuk ke seorang pria yang tengah menawarkan tiket ke calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (19/6/2017).

"Kalau mau beli tiket ke kantor cabang," kata Roy ke calon penumpang yang menanyakan keberadaan loket penjualan.

Namun demikian Roy menambahkan tiket Jakarta ke Surabaya tampaknya sudah habis. Meski demikian, petugas jaga dari kepolisian, Ikram menjelaskan sejumlah orang yang menawari tiket itu bukan calo, karena mereka tidak menjual tiket.

"Tiket tetap Pelni yang jual, mereka cuma membantu membelikannya di kantor cabang terdekat. Tiket tetap dibeli sesuai dengan nama yang tertera di KTP penumpang," katanya.

Informasi serupa turut dikonfirmasi Humas Pelni Akhmad Sujadi yang tengah mengawasi persiapan pelayaran kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. "Calo tidak dapat membeli tiket karena data di dalamnya harus sesuai dengan identitas, misalnya KTP penumpang. Kami juga sudah memberlakukan sistem penjualan tiket secara daring (online)," kata Sujadi.

Ia menambahkan, selain sistem pembelian daring pihak Pelni juga memberlakukan sistem "barcode". "Tiket akan dibarcode (diperiksa keasliannya) dan disesuaikan dengan identitas diri penumpang sebelum akhirnya petugas memverifikasi keaslian tiket," tambahnya.

Khusus Senin, setidaknya ada dua kapal Pelni, KM Dobonsolo dengan rute Jakarta-Semarang dan KM Ciremai rute Jakarta-Surabaya dioperasikan untuk mengangkut penumpang sepekan jelang lebaran. Dibanding akhir pekan lalu, jumlah penumpang di awal minggu ini terbilang sepi.

"Data terakhir yang diterima Pelni ada sekitar 953 penumpang, terdiri atas 454 pria, 298 perempuan, 173 anak, dan 28 bayi yang hari ini menaiki KM Ciremai dari Pelabuhan Tanjung Priok. Kapasitas normal kapal sekitar dua ribu penumpang, jadi jumlah pemudik yang hari ini menaiki kapal tidak begitu ramai," tambahnya. (ant)

Tag: tanjung priok, Mudik Lebaran

Penulis: ***

Editor: Ferry Hidayat

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading