Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Jelang Lebaran

Foto Berita Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Jelang Lebaran
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

PT Artajasa Pembayaran Elektronik (Artajasa), penyedia layanan sistem pembayaran dan pengelola layanan ATM Bersama menyiapkan beberapa langkah strategis dalam menghadapi peningkatan transaksi yang terjadi di ATM Bersama menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Direktur Utama Artajasa, Bayu Hanantasena mengatakan semakin mendekati Hari Raya ldul Fitri maka volume transaksi perbankan pun semakin meningkat, utamanya transaksi tarik tunai dan transfer antarbank melalui jaringan ATM Bersama. "Peningkatan transaksi yang terjadi saat memasuki Bulan Ramadan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri cukup signifikan, bahkan bisa mencapai rata-rata kenaikan hingga diatas 20 persen dibandingkan transaksi harian,” ujar Bayu saat Konferensi Pers dan Buka Puasa Bersama di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tingginya peningkatan transaksi di ATM Bersama tersebut, sejak tahun lalu Artajasa telah menyiapkan peningkatan kapasitas mesin switching yang mengelola transaksi-transaksi di jaringan ATM Bersama. "Utilitas mesin switching ATM Bersama sendiri pada periode normal/hari biasa baru terpakai sekitar 10 persen. Khusus pada periode menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami telah tingkatkan kapasitas mesin switching hingga enam kali lipat untuk dapat menampung sesuai dengan prediksi transaksi tersebut," jelas Bayu. 

Sementara itu, Artajasa juga mendorong bank Anggota ATM Bersama untuk melakukan kegiatan Capacity Planning. Menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Artajasa, Teddy Sis Herdianto Capacity Planning sangat penting untuk dilakukan agar performansi sistem yang dimiliki bank-bank anggota ATM Bersama dapat meningkat sesuai dengan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama.

"Sehingga apabila bank telah melakukan Capacity Planning secara rutin, maka bisa dipastikan bank tersebut telah siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi pada libur Idul Fitri mendatang,” jelas Teddy. Untuk menjaga agar kebutuhan transaksi perbankan masyarakat tetap terakomodir, Artajasa juga melakukan komunikasi secara intensif dengan seluruh Anggota ATM Bersama. 

“Bersama dengan seluruh Anggota ATM Bersama, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan transaksi perbankan yang optimal di masa Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, antara Artajasa dengan Anggota ATM Bersama sama-sama sepakat untuk menyiapkan tim helpdesk yang akan in-charge selama 24 jam guna memastikan jaringan ATM Bersama tetap termonitor dengan baik," tambah Teddy.

Selain persiapan dari sisi jaringan ATM Bersama, Artajasa juga mendorong bank anggota untuk menyiapkan fitur debit online seiring semakin tingginya awareness masyarakat akan transaksi online yang dapat mengakomodir kebutuhan transaksi perbankan melalui mobile banking dan internet banking.

Tag: PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Bayu Hanantasena

Penulis: Fajar Sulaiman

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Fajar Sulaiman

Recommended Reading