Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

2017, Kuota Haji Jabar Capai 38 Ribu Orang

Foto Berita 2017, Kuota Haji Jabar Capai 38 Ribu Orang
Warta Ekonomi.co.id, Bandung -

Kuota jemaah haji asala Jawa Barat untuk tahun 2017 ini mendapatkan jatah sebanyak 38.626 atau bertambah dari tahun sebelumnya yang sebesar 28 Ribu. Jatah kuota tersebut didistribusikan merata ke 27 Kabupaten dan Kota, kecuali Kota Cimahi dan Banjar mendapatkan jatah 20 persen dari jumlah tersebut.  

Gubernur  Jawa Barat, Ahmad Heryawan menjelaskan, Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota khusus dari Raja Salman Bin Abdul Azis Al Saud sebesar 10 Ribu sebagai kompensasi dari telah diselesaikannya renovasi Masjidil Haram.

“Dengan begitu total keseluruhan kuota haji Indonesia untuk tahun ini sebanyak 220 Ribu,”katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (18/6/2017).

Gubernur Jabar yang akrab disapa Aher ini menuturkan, bahwa pemerintah berkewajiban penuh untuk memfasilitasi dan mengawasi agar para jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan aman, nyaman dan lancar. Salah satunya dengan melayani seluruh kebutuhan yang diperlukan jemaah haji termasuk mempersiapkan Ketua Rombongan (Karom) haji yang handal.

"Saya harap mereka (Karom-red) nanti dapat melayani para jemaah dengan optimal dari masa persiapan hingga dilaksanakan ibadah haji dan pulang kembali ke tanah air," tuturnya.

Sebanyak 384 Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji Jawa Barat untuk keberangkatan haji tahun 1438 H/ 2017 mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari Kementerian Agama.  Kegiatan pembinaan bagi angkatan pertama ini, dilakukan selama tiga hari dari tanggal 17-19 Juni 2017 di Asrama Haji Bekasi. Total Karom jemaah haji Jabar sendiri berjumlah 768 orang dimana satu orang Karom akan menaungi 40 jemaah haji.

Aher pun memberikan arahan kepada para Karom yang berasal Kabupaten Bogor sebanyak 85 orang, Kota Bogor 24 orang, Depok 42 orang, Kota Sukabumi 42 orang, Cianjur 33 orang, Kabupaten Bekasi 54 orang, Karawang 53 orang, Subang 29 orang dan  Purwakarta 18 orang.

"Pembinaan ini sangat penting bagi kelancaran penyelenggaraan haji terutama sisi kesiapan Karom yang handal, kompeten dan profesional di lapangan," ujarnya

Dalam kesempatan tersebut Aher juga membagi pengalamannya kepada Karom selama menuntun jemaah saat di tanah suci.

"Jangan menakuti para jamaah, kasih kabar gembira bahwa haji itu mudah. Hadirkan suasana bahagia, jangan bikin ragu jamaah," imbuhnya.

Menurutnya, tugas Karom tidaklah mudah, Ia harus terus memonitor jemaah agar tidak tercerai berai. Karom juga harus menyampaikan kapan jemaah kapan harus melaksanakan lempar jumroh di tengah para jemaah yang berjumlah sekitar 5 Juta dari seluruh dunia.

"Ini tugas yang luar biasa jangan melihat imbalannya tapi imbalan yang lebih besar ada dari Allah SWT karena imbalan materi tak sebanding dengan pekerjaannya," pungkasnya. 

Tag: Haji, Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Vicky Fadil

Foto: Rahmat Saepulloh

Recommended Reading