Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 27 Juni 2017

  • 23:01 WIB. Al Qaeda - Al Qaeda bebaskan sandera berkebangsaan Swedia, setelah hampir enam tahun ditahan.
  • 22:58 WIB. Kolombia - Pencarian terus dilakukan pascahilangnya kapal pariwisata di Kolombia.
  • 22:40 WIB. Iran - Iran desak Eropa bantu promosikan dialog di Teluk Persia.
  • 22:23 WIB. Libur Lebaran - H+1 Ancol dipenuhi 43.000 pengunjung.
  • 22:21 WIB. Arus Balik Lebaran - Jasa Marga prediksi arus balik lebaran terjadi pada H+4.
  • 22:22 WIB. Mudik Lebaran - Presiden Jokowi mudik ke Solo H+2.
  • 22:20 WIB. Turki - Pengawal presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilarang mengawal dirinya terkait insiden di Washington bulan lalu.
  • 22:10 WIB. Barack Obama - Berlibur di Bali, Barack Obama "rafting" bersama keluarga.
  • 22:01 WIB. Donald Trump - Presiden AS, Donald Trump, abaikan tradisi jamuan Idul Fitri di Gedung Putih.
  • 21:57 WIB. Irlandia - Kapal Angkatan Laut Irlandia selamatkan 712 pengungsi di dekat Libya.
  • 21:24 WIB. Sudan - Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Republik Sudan dilaporkan tanpa dilengkapi dengan ketersediaan ketupat.
  • 21:22 WIB. Kemenhub - Kementerian Perhubungan mengimbau pemudik dapat kembali ke kota asal sebelum tanggal 29 Juni 2017.
  • 21:21 WIB. Rusia - Badan Intelijen Rusia menuding aplikasi Telegram telah digunakan teroris untuk merencanakan serangan di Rusia.
  • 21:19 WIB. Jasa Marga - Jasa Marga memprediksi arus balik libur lebaran terjadi pada Jumat (30/6/2017) atau H+4.
  • 23:45 WIB. China - "Border kulit" sedang menjadi trend di China.

Standard Chartered Sabet Penghargaan Bank Asing Terbaik

Foto Berita Standard Chartered Sabet Penghargaan Bank Asing Terbaik
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Standard Chartered Bank Indonesia berhasil menerima penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2017 for Financial Industry untuk kategori Bank Asing yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Hotel Pullman, Jakarta. Apresiasi ini diberikan kepada bank yang sukses mengimplementasikan inovasi digital terbaik, baik berupa produk maupun kegiatan operasional perbankan, untuk meningkatkan kinerja bisnis sehingga dapat mempertahankan kompetensinya seiring perkembangan teknologi yang terjadi di sektor keuangan.  

 Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro sangat menyambut baik penghargaan yang diberikan kepada Bank. “Kami percaya bahwa teknologi mampu membantu mentransformasi interaksi antara Bank dengan pemangku kepentingan, termasuk klien dan nasabah, menjadi lebih baik. Di Bank, kami membantu beragam klien, seperti institusi keuangan, klien-klien dari sektor publik, maupun organisasi lainnya, agar dapat memenuhi kebutuhan perbankan mereka dalam hal perdagangan, investasi, maupun pengembangan bisnis. Dengan mengadopsi teknologi dalam seluruh proses, kegiatan perbankan akan menjadi lebih mudah, cepat, nyaman, dan tetap aman. Komitmen kami untuk mengadopsi teknologi demi kenyamanan nasabah dibuktikan dengan penhargaan ini," katanya di Jakarta, Senin (20/6/2017).

Lebih lanjut Rino mengatakan pada akhirnya teknologi adalah sebuah alat, namun yang jauh lebih penting adalah manusia yang ada di belakangnya. Didukung oleh tim ahli yang paham dengan tren global serta pengetahuan mendalam tentang pasar di Indonesia setelah selama lebih 150 tahun beroperasi di tanah air, perseroan senantiasa melakukan inovasi untuk melahirkan produk dan layanan yang memiliki nilai tambah bagi klien.

Beberapa inovasi dalam dunia teknologi digital yang dilakukan Bank diantaranya dengan meluncurkan Straight2Bank Wallet, layanan mobile pertama untuk klien korporat Bank di Indonesia dengan dukungan jaringan telekomunikasi Indosat. Melalui layanan ini, klien korporat Bank, termasuk perusahaan multinasional, institusi keuangan bukan bank dan perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG), dapat melakukan pembayaran non-tunai melalui sistem elektronik Straight2Bank kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak. 

Dana akan diterima secara elektronik melalui dompet elektronik Dompetku dari Indosat. Straight2Bank Wallet dapat menggantikan pembayaran tunai yang beresiko tinggi dengan menggunakan sistem pembayaran digital yang efisien dan aman. 

Selain itu, layanan ini mampu memberi keuntungan dari sisi efisiensi rekonsiliasi dan juga mengurangi risiko penipuan dan pencurian yang terkait dengan pembayaran tunai. Disamping itu, Standard Chartered adalah salah satu bank pertama yang menyuguhkan fitur Touch ID Login (login dengan sidik jari) di Mobile Banking (SC Mobile) baik untuk telepon genggam berbasis iOS maupun Android. 

Pada Mei 2017 lalu, Standard Chartered Bank juga menanandatangani kerja sama dengan PT Mitra Pinashtika Mustika Finance (MPM Finance) untuk implementasi program layanan penagihan regular Sistim Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) Generasi II. SKNBI merupakan sistem transfer dana elektronik inisiatif dari Bank Indonesia yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional. Bank merupakan satu dari sepuluh bank pertama yang menggunakan infrastruktur ini, khususnya untuk fitur layanan penagihan regular. 

Dengan infrastruktur ini, perusahaan dimudahkan untuk menagih pembayaran dari nasabah atau klien tanpa harus menjadi nasabah dari bank tertagih. Sebagai bank yang dipercaya untuk melakukan penarikan dana oleh MPMF, Bank menyediakan suatu platform elektronik yang terintegrasi, yaitu Straight2Bank sebagai media penagihan demi mempercepat proses penagihan dana dengan biaya yang lebih efisien bagi MPM Finance. 

Head of Digital Banking Standard Chartered Bank Indonesia, Andrey Mongi mengatakan, “Selain untuk kemudahan dan kenyamanan klien, komitmen kami dalam mengadopsi teknologi juga sebagai bentuk dukungan Bank kepada program pemerintah. Melalui inovasi-inovasi yang dilakukan, Bank berupaya meningkatkan akses publik pada produk-produk perbankan, sehingga mampu mendorong inklusi keuangan," tambahnya.

Selain memenangkan penghargaan tersebut, Standard Chartered juga menerima penghargaan sebagai salah satu bank kustodian terbaik dalam ajang penghargaan Indonesia Top Performing Mutual Fund and Consumer Choice Award 2017 pada bulan Mei lalu dari Majalah Warta Ekonomi. Para pemenang dipilih berdasarkan penelitian kuantitatif terhadap 1.600 reksa dana terdaftar yang menunjukkan kinerja terbaik dalam lima tahun terakhir.

Tag: Standard Chartered Bank, Rino Donosepoetro

Penulis: Gito Adiputro Wiratno

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading