Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Senin, 21 Agustus 2017

  • 13:26 WIB. Amerika Serikat - 10 orang hilang akibat kapal perang AS, USS John S.McCain bertabrakan dengan kapal tanker Singapura.
  • 13:23 WIB. Pupuk - Industri pupuk nasional mencatatkan kenaikan volume penjualan 131% pada Juli 2017 dibandingkan Juni.
  • 13:22 WIB. Kemenhub - Kemenhub akan menjalin kerja sama pemanfaatan 28 pelabuhan dan bandara dengan BUMD, BUMN, dan swasta.
  • 13:21 WIB. Dubai - Dubai Tourism mencatat kunjungan wisman ke kota ini mencapai 8,6 juta orang pada semester I-2017.
  • 13:20 WIB. Masmindo - Masmindo Dwi Area akan memulai konstruksi tambang emas di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
  • 13:19 WIB. Jamkrindo - Jamkrindo sampai dengan Juli 2017 merealisasikan penjaminan kredit 63,47% dari total target yang telah ditetapkan.
  • 13:18 WIB. BBTN - BTN menargetkan pendapatan non-bunga dari transaksi digital naik 86% menjadi Rp 153,9 miliar pada tahun ini.
  • 13:06 WIB. Lexus - Lexus Indonesia mencatat penjualan sebesar Rp400 miliar di ajang GIIAS 2017.
  • 10:53 WIB. Manchester - Manchester City dikabarkan siap menebus klausul pelepasan Messi yang mencapai US$275 juta.
  • 10:29 WIB. Google - Google luncurkan fitur baru yang akan buat video preview muncul dalam hasil pencarian di perangkat mobile Android.
  • 10:26 WIB. Medsos - Netizen ramaikan jagat maya dengan cuitan larangan motor lewat Rasuna Said.
  • 10:19 WIB. Gadget - Motorola patenkan teknologi layar yang bisa perbaiki sendiri.
  • 10:15 WIB. Gadget - Strategy Analytics: iPhone 7 merupakan smartphone paling populer di dunia dengan total pengapalan 16,9 juta unit.
  • 10:10 WIB. VPN - Otoritas mengharuskan penyedia telekomunikasi dan perusahaan teknologi memainkan peran lebih besar dalam menghapus VPN.
  • 10:09 WIB. VPN - Otoritas China mengeluarkan peringatan kepada platform e-commerce populer di negaranya atas penjualan Virtual Private Networks (VPN).

Kominfo Minta Operator Tingkatkan Kapasitas Bandwith Saat Musim Mudik

Foto Berita Kominfo Minta Operator Tingkatkan Kapasitas Bandwith Saat Musim Mudik
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika berkoordinasi dengan sejumlah operator selular untuk meningkatkan kapasitas "bandwith" atau pita lebar guna menghindari kesulitan lalu lintas data saat mudik lebaran 2017.

"Kalau terjadi kemacetan selalu larinya kepada tingginya orang berkomunikasi. Jadi diperkirakan di titik-titik yang rawan itu juga dipasang 'BTS mobile'," kata Menteri Kominfo Rudiantara usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Menurut Rudi, terdapat 300 Mobile BTS yang disiapkan untuk memperkuat bandwith di sepanjang jalur mudik, khususnya di persimpangan-persimpangan yang rentan kemacetan.

BTS bergerak itu dioperasikan oleh gabungan seluruh operator seluler di Indonesia untuk memperlancar arus komunikasi.

"Dipasang di titik-titik tertentu, pertama yang tidak ada 'coverage', yang kedua yang diperkirakan kapasitasnya perlu ditambah. Kalau di simpang-simpang kalau dulu Brexit dan sekarang 'exitnya' yang baru ada lebih ke timur dan itu diperkuat di situ oleh operator," jelas Rudiantara.

Menkominfo menambahkan kementeriannya bersama BRTI dan operator telah mengecek titik mana saja yang perlu diperkuat baik di pelabuhan laut, bandara, stasiun serta jalur-jalur tol dan jalur mudik di bagian utara dan selatan Pulau Jawa.

Rudiantara menjelaskan pengoperasian BTS Bergerak dilakukan selama sebulan hingga musim mudik lebaran usai.

Pada tahun lalu, total BTS Bergerak yang dioperasikan oleh gabungan operator seluler sebanyak 200 unit. (Ant)

Tag: operator seluler, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rudiantara, Mudik Lebaran

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading