Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

China Perketat Keamanan di Laos, Setelah Warganya Tewas Terbunuh

Foto Berita China Perketat Keamanan di Laos, Setelah Warganya Tewas Terbunuh
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kedutaan Besar China di Laos telah mengeluarkan peringatan keamanan untuk warganya di sana setelah seorang warga China ditembak mati di provinsi Xaysomboun.

Pekerja China semakin sering menjadi sasaran kekerasan karena perusahaan-perusahaan berkembang di luar negeri sebagai bagian dari Belt and Road Plan Presiden Xi Jinping untuk membangun infrastruktur dengan kawasan Asia lainnya, yang seringkali berada di tempat yang tidak stabil secara politik.

China dan Laos tahun lalu sepakat untuk meningkatkan kerja sama keamanan menyusul serangkaian serangan terhadap warga China, termasuk penembakan dan serangan bom.

Seorang warga China tewas pada hari Jumat oleh seorang pria bersenjata tak dikenal, ungkap kedutaan China dalam sebuah pernyataan yang diposting di situsnya pada hari Minggu, dan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Kedutaan China meminta agar Laos segera menyelesaikan kasus tersebut dan dengan berat menghukum si pembunuh, dan pada saat yang sama mengambil tindakan praktis untuk menjamin keamanan warga dan organisasi China di Laos," tegas kedutaan tersebut, sebagaimana dikutip dari laman Reuters, di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Kedubes juga mengingatkan orang-orang China di negara tersebut untuk meningkatkan kesadaran keamanan mereka masing-masing.

Wilayah Xaysomboun di Laos telah diganggu oleh konflik sporadis antara pemerintah dan pemberontak etnis Hmong selama bertahun-tahun.

Dua orang China, termasuk seorang karyawan perusahaan pertambangan, tewas dalam sebuah ledakan yang diduga terjadi pada sebuah kendaraan di wilayah tersebut pada Januari 2016.

Pada bulan Maret 2016, satu pekerja China terbunuh dan beberapa lainnya cedera dalam sebuah serangan terhadap sebuah perusahaan investasi China di provinsi Luang Prabang.

China telah bersaing untuk mempengaruhi Laos, memberikan pinjaman, bantuan dan investasi infrastruktur. Beijing melihat tetangganya tersebut sebagai jalur penting ke pelabuhan Asia Tenggara menuju bagian-bagian yang terkurung daratan di bagian barat daya China seperti Yunnan.

Tag: Laos, China (Tiongkok), Xi Jinping

Penulis/Editor: Hafit Yudi Suprobo

Foto: Antara/Reuters/Tyrone Siu

Recommended Reading