Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 27 Juni 2017

  • 23:01 WIB. Al Qaeda - Al Qaeda bebaskan sandera berkebangsaan Swedia, setelah hampir enam tahun ditahan.
  • 22:58 WIB. Kolombia - Pencarian terus dilakukan pascahilangnya kapal pariwisata di Kolombia.
  • 22:40 WIB. Iran - Iran desak Eropa bantu promosikan dialog di Teluk Persia.
  • 22:23 WIB. Libur Lebaran - H+1 Ancol dipenuhi 43.000 pengunjung.
  • 22:21 WIB. Arus Balik Lebaran - Jasa Marga prediksi arus balik lebaran terjadi pada H+4.
  • 22:22 WIB. Mudik Lebaran - Presiden Jokowi mudik ke Solo H+2.
  • 22:20 WIB. Turki - Pengawal presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilarang mengawal dirinya terkait insiden di Washington bulan lalu.
  • 22:10 WIB. Barack Obama - Berlibur di Bali, Barack Obama "rafting" bersama keluarga.
  • 22:01 WIB. Donald Trump - Presiden AS, Donald Trump, abaikan tradisi jamuan Idul Fitri di Gedung Putih.
  • 21:57 WIB. Irlandia - Kapal Angkatan Laut Irlandia selamatkan 712 pengungsi di dekat Libya.
  • 21:24 WIB. Sudan - Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Republik Sudan dilaporkan tanpa dilengkapi dengan ketersediaan ketupat.
  • 21:22 WIB. Kemenhub - Kementerian Perhubungan mengimbau pemudik dapat kembali ke kota asal sebelum tanggal 29 Juni 2017.
  • 21:21 WIB. Rusia - Badan Intelijen Rusia menuding aplikasi Telegram telah digunakan teroris untuk merencanakan serangan di Rusia.
  • 21:19 WIB. Jasa Marga - Jasa Marga memprediksi arus balik libur lebaran terjadi pada Jumat (30/6/2017) atau H+4.
  • 23:45 WIB. China - "Border kulit" sedang menjadi trend di China.

China Perketat Keamanan di Laos, Setelah Warganya Tewas Terbunuh

Foto Berita China Perketat Keamanan di Laos, Setelah Warganya Tewas Terbunuh
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kedutaan Besar China di Laos telah mengeluarkan peringatan keamanan untuk warganya di sana setelah seorang warga China ditembak mati di provinsi Xaysomboun.

Pekerja China semakin sering menjadi sasaran kekerasan karena perusahaan-perusahaan berkembang di luar negeri sebagai bagian dari Belt and Road Plan Presiden Xi Jinping untuk membangun infrastruktur dengan kawasan Asia lainnya, yang seringkali berada di tempat yang tidak stabil secara politik.

China dan Laos tahun lalu sepakat untuk meningkatkan kerja sama keamanan menyusul serangkaian serangan terhadap warga China, termasuk penembakan dan serangan bom.

Seorang warga China tewas pada hari Jumat oleh seorang pria bersenjata tak dikenal, ungkap kedutaan China dalam sebuah pernyataan yang diposting di situsnya pada hari Minggu, dan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Kedutaan China meminta agar Laos segera menyelesaikan kasus tersebut dan dengan berat menghukum si pembunuh, dan pada saat yang sama mengambil tindakan praktis untuk menjamin keamanan warga dan organisasi China di Laos," tegas kedutaan tersebut, sebagaimana dikutip dari laman Reuters, di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Kedubes juga mengingatkan orang-orang China di negara tersebut untuk meningkatkan kesadaran keamanan mereka masing-masing.

Wilayah Xaysomboun di Laos telah diganggu oleh konflik sporadis antara pemerintah dan pemberontak etnis Hmong selama bertahun-tahun.

Dua orang China, termasuk seorang karyawan perusahaan pertambangan, tewas dalam sebuah ledakan yang diduga terjadi pada sebuah kendaraan di wilayah tersebut pada Januari 2016.

Pada bulan Maret 2016, satu pekerja China terbunuh dan beberapa lainnya cedera dalam sebuah serangan terhadap sebuah perusahaan investasi China di provinsi Luang Prabang.

China telah bersaing untuk mempengaruhi Laos, memberikan pinjaman, bantuan dan investasi infrastruktur. Beijing melihat tetangganya tersebut sebagai jalur penting ke pelabuhan Asia Tenggara menuju bagian-bagian yang terkurung daratan di bagian barat daya China seperti Yunnan.

Tag: Laos, China (Tiongkok), Xi Jinping

Penulis/Editor: Hafit Yudi Suprobo

Foto: Antara/Reuters/Tyrone Siu

Recommended Reading