Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 24 Juni 2017

  • 23:38 WIB. Mudik Lebaran - Gubernur Sumut tegaskan ASN dilarang gunakan kendaraan dinas untuk mudik.
  • 23:29 WIB. Obama - Mantan Presiden AS Barack Obama selain berlibur di Bali ia dikabarkan akan berlibur di Yogyakarta.
  • 23:27 WIB. Mudik Lebaran - Menteri Luhut harap tragedi brexit tidak terulang kembali.
  • 23:27 WIB. Daging Sapi - Harga daging sapi di Medan tembus Rp140 ribu/kg.
  • 23:25 WIB. Mudik Lebaran - Menhub: Bus tanpa stiker biru dilarang beroperasi.
  • 23:24 WIB. Mudik Lebaran - Polantas: Puncak mudik di Bekasi terjadi Kamis malam.
  • 22:45 WIB. Sydney - Kepolisian Sydney akan pasang pembatas di area pejalan kaki, guna cegah serangan kendaraan bermotor.
  • 22:32 WIB. Mudik Lebaran - 26.183 pemudik motor lewati Cirebon.
  • 22:30 WIB. Mudik Lebaran - Aher sebut selama menjabat sebagai gubernur Jabar mudik lebaran tahun ini lancar.
  • 22:27 WIB. China - Otoritas China perketat penyebaran konten video berbasis online.
  • 22:17 WIB. Ankara - Ankara berikan peringatan keras kepada pemberontak Kurdi Suriah.
  • 21:54 WIB. MSKY - MNC Sky Vision mengantongi izin dari OJK untuk menggelar right issue dengan target Rp1,26 triliun.

Tahun 2017, OLX Kembali Capai Rekor Baru

Foto Berita Tahun 2017, OLX Kembali Capai Rekor Baru
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Awal tahun 2017 menjadi angin segar bagi platform iklan baris online, OLX Indonesia. Pasalnya, sejak OLX meluncurkan tampilan baru, jumlah pengguna OLX terus meningkat. Peningkatan ini didominasi oleh pengguna yang mengakses OLX melalui aplikasi Android dengan jumlah mencapai 1,1 juta pengguna setiap hari.

Chief Operation Officer (COO) OLX Indonesia, Doan Lingga memberikan komentarnya mengenai kenaikan jumlah pengguna ini. “Keputusan yang kami buat untuk mengubah tampilan OLX memberikan dampak positif pada kenaikan jumlah pengguna OLX,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, (19/6/2017).

Lanjutnya, “Apalagi, di antara pengguna baru tersebut, kami melihat adanya kenaikan jumlah pengguna perempuan dan anak muda, seperti yang kami inginkan,” Doan berkomentar, mewakili OLX Indonesia.

Di tahun 2017, motor Honda, handphone Samsung dan iPhone menjadi barang-barang yang paling banyak dicari oleh pengguna, di platform OLX. Bahkan, kata kunci Honda muncul sebanyak 5,5 juta kali sepanjang 27 Mei–13 Juni 2017. Sementara, Samsung muncul sebanyak 3,5 juta kali dan iPhone sebanyak 3 juta kali, pada periode yang sama.

Pencapaian positif tersebut didukung oleh semakin populernya barang bekas sebagai alternatif pilihan oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Doan mengatakan bahwa jual-beli barang bekas juga dapat memberikan dampak positif dari segi lingkungan.

Pada bulan Ramadan tahun ini, geliat aktivitas jual-beli di OLX sudah mulai terlihat pada H-30 sebelum Lebaran, yaitu sejak awal Bulan Ramadan. Hal ini terlihat sangat jelas pada Kategori Fashion dan Mobil. Sementara itu, pada Kategori Elektronik dan Gadget, geliat yang sama umumnya terlihat pada H-15 Lebaran.

Transaksi selama Ramadan ini, diprediksi akan melambat pada hari kelima jelang Lebaran. Namun demikian, data OLX mencatat bahwa khusus Kategori Lowongan dan Jasa, transaksi akan kembali meningkat dengan cepat, lima hari setelah Lebaran. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencari pekerjaan di sektor informal, seperti sopir, pembantu rumah tangga, atau pegawai toko.

Di tahun 2017 ini, gerakan #BekasJadiBerkah diawali dengan bersilaturahmi ke kantor-kantor, termasuk beberapa e-commerce seperti Go-Jek, Sale Stock, dan Blanja.com. 

Bagi pengguna secara umum, #BekasJadiBerkah mengajak setiap orang untuk menjual barang bekas miliknya dan menggunakan hasil penjualannya untuk membantu orang lain.

Chief Marketing Officer (CMO) OLX Indonesia, Edward Kilian mengatakan, “Lewat berbagai inisiatif yang telah dijalankan ini, OLX berharap pengguna maupun masyarakat secara umum tidak hanya melihat jual-beli barang bekas sebagai sebuah transaksi yang menghasilkan uang belaka, namun juga sebuah transaksi atau pertukaran yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” tutupnya.

Tag: Doan Lingga, Edward Kilian, PT OLX Indonesia (OLX)

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading