Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Rabu, 23 Agustus 2017

  • 00:00 WIB. JK - Wapres JK minta KPK lebih kuat lagi.
  • 23:08 WIB. First Travel - First Travel masih kekeh mampu memberangkatkan calon jamaah umrah ke Mekah.
  • 23:07 WIB. Valencia - Inter Milan dapatkan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Valencia disertai opsi pembelian di akhir musim.
  • 23:01 WIB. Kemenhub - Kemenhub menargetkan penerapan aplikasi Inaportnet di sepuluh pelabuhan hingga akhir 2017.
  • 23:00 WIB. Arebi - Arebi mengklaim sektor properti di Pulau Bali mulai mengalami pergerakan penjualan.
  • 22:59 WIB. Pefindo - Pefindo memberikan prospek stabil bagi sejumlah perusahaan multifinance meski kondisi industri masih tertekan.
  • 22:58 WIB. BEI - BEI Perwakilan Semarang menargetkan 12.000-13.000 investor hingga akhir 2017.
  • 22:57 WIB. Tenis - Rafael Nadal kembali menduduki ranking 1 dunia tenis.
  • 22:57 WIB. Jakpro - Jakarta Propertindo berharap pengajuan suntikan modal Rp3,5 triliun bisa disetujui dewan.
  • 22:56 WIB. Pakuwon - Pakuwon Jati akan segera mengoperasikan Tunjungan Plaza 6 pada 23 September mendatang.
  • 22:56 WIB. US Open - Victoria Azarenka absen dari turnamen US Open terkait masalah keluarga.
  • 22:55 WIB. Fesyen - Pebisnis pakaian jadi membidik pasar Eropa Timur sebagai alternatif tujuan ekspor yang menjanjikan.
  • 22:55 WIB. Ternak - Sejumlah pedagang hewan kurban di Soreang mengeluhkan harga bibit ternak yang mahal.
  • 22:54 WIB. Jerman - Pelaku industri makanan dan minuman mengincar pasar Jerman yang terkenal sebagai pusat perekonomian di Eropa.
  • 22:53 WIB. Catalunya - Barcelona dikabarkan akan menuntut Neymar terkait masalah kontrak.

Ajak Milenial Berinvestasi, Aberdeen Luncurkan Platform Digital untuk Belajar Reksa Dana

Foto Berita Ajak Milenial Berinvestasi, Aberdeen Luncurkan Platform Digital untuk Belajar Reksa Dana
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

PT Aberdeen Asset Management (Aberdeen) bekerja sama dengan Philip Sekuritas Indonesia (PSI) mengumumkan peluncuran microsite “10 Golden Rules”, platform digital untuk belajar mengenai investasi reksa dana. Lewat microsite ini, Aberdeen bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama kaum milenial, tentang cara-cara berinvestasi lewat reksa dana dengan baik dan benar. 

Ramadan identik dengan bonus Tunjangan Hari Raya (THR). Kebanyakan orang, khususnya anak muda menghabiskan bonus ini untuk kegiatan konsumtif. Padahal jika diinvestasikan, bonus ini bisa jadi modal perencanaan keuangan masa depan. “Persepsi bahwa produk investasi itu mahal dan memiliki risiko tinggi menjadi salah satu penyebab orang masih enggan berinvestasi. Persepsi-persepsi salah mengenai investasi ini yang harus kita ubah. Investasi, apalagi lewat reksa dana, bukan sesuatu yang rumit atau menakutkan jika dipahami dengan baik dan benar. Ini yang menjadi alasan kami meluncurkan kampanye edukasi lewat microsite “10 Golden Rules” ini,” jelas Sigit P. Wiryadi, Presiden Direktur PT Aberdeen Asset Management. 

“Kampanye ini juga merupakan bagian dari komitmen Aberdeen untuk mendukung pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan edukasi keuangan serta memberikan perspektif yang transparan kepada publik mengingat pemahaman akan pengetahuan dan informasi merupakan salah satu kunci kesuksesan investasi,” tambah Sigit.

Euromonitor International mempredikasi bahwa kelas ekonomi menengah ke atas di Indonesia akan tumbuh dari 17,3 juta keluarga di tahun 2014 menjadi lebih dari 20 juta keluarga di tahun 2030. Dimana, golongan usia muda produktif lah yang mendominasi. “Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi sedini mungkin tentang pentingnya berinvestasi kepada generasi muda, yang dalam 10 atau 20 tahun kedepan akan mendominasi ekonomi dan segmentasi konsumen Indonesia,” tambah Sigit. 

Investasi dalam bentuk produk reksa dana di kalangan milenial Indonesia masih terbilang masih rendah. Mayoritas anak muda masih belum berpikir untuk memiliki produk investasi, atau cenderung memilih menabung secara konvensional. Namun begitu, tren memperlihatkan pertumbuhan kesadaran berinvestasi yang mulai meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Semakin mudahnya pertukaran akses informasi berkontribusi besar pada meningkatnya kesadaran generasi milenial terkait pengetahuan dasar seputar instrumen investasi. Apalagi didukung dengan berbagai program literasi keuangan bagi pemerintah dan pelaku industri yang telah digalakkan. Di Phillip Sekuritas Indonesia sendiri, kami semakin gencar melakukan penetrasi di kalangan milenial. Secara segmentasi, pasar ini sangat potensial untuk dikembangkan. Ini yang kemudian juga membuat kami menyambut baik ajakan Aberdeen Asset Management untuk bekerja sama dalam kampanye edukasi ini,” jelas Daniel Tedja, Direktur Utama Phillip Sekuritas Indonesia.

 Bharat Joshi, Manager Investasi PT Aberdeen Asset Management menjelaskan bahwa microsite “10 Golden Rules” berisi 10 prinsip dasar dalam proses investasi Aberdeen, namun telah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan. 

“Program belajar reksa dana lewat microsite “10 Golden Rules” terdiri dari berbagai konten menarik yang mudah dicerna, termasuk video, kuis berhadiah, serta artikel-artikel berisi tips berinvestasi dengan baik dan benar. Kami harapkan, kampanye ini akan meningkatkan pemahaman pentingnya investasi sejak usia muda untuk perencanaan keuangan di masa depan," katanya.

Tag: aberdeen asset management, Daniel Tedja, Philip Sekuritas Indonesia (PSI), Sigit P. Wiryadi

Penulis: Dina Kusumaningrum

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Dina Kusumaningrum

Recommended Reading