Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

2.612 Peserta Ikuti Mudik Gratis Pemprov Jabar

Foto Berita 2.612 Peserta Ikuti Mudik Gratis Pemprov Jabar
Warta Ekonomi.co.id, Bandung -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberangkatkan 2.612 orang peserta mudik gratis dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Sebanyak 60 bus dengan tiga lokasi pemberangkatan, yaitu Kota Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melepas secara langsung kegiatan mudik gratis di Kota Bandung dengan peserta 918 orang yang diangkut 22 bus. Di Kota Bekasi ada 1.219 orang peserta (28 bus) dan di Kota Sukabumi sebanyak 475 orang peserta (10 bus).

Menurutnya, melalui mudik gratis yang digelar untuk kelima kalinya ini bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan, khususnya kendaraan roda dua. Selain itu, Dishub Jabar juga menyediakan fasilitas truk untuk mengangkut kendaraan roda dua atau sepeda motor sehingga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

"Ini tentu salah satu upaya membantu masyarakat pulang dengan nyaman, termasuk juga menjadi satu upaya mengurangi mudik pakai motor," kata Aher kepada wartawan di Bandung, Minggu (18/6/2017).

Aher mengaku peminat program mudik ini meningkat setiap tahunnya. Untuk itu, dia ingin tahun depan bisa ditingkatkan menjadi 100 hingga 150 bus.

"Mudah-mudahan makin banyak yang terlayani tahun depan saya juga mengimbau perusahaan-perusahaan di kawasan-kawasan industri, Bekasi, Karawang, dan kawasan industri lain bisa membantu para karyawannya mudik bareng. Difasilitasi perusahaan, sebagai bagian dari perhatian perusahaan," tuturnya.

Aher juga menekankan kepada para pengemudi agar berhati-hati dan tidak lalai saat di perjalanan. Pasalnya, pengemudi membawa tanggung jawab yaitu keselamatan para pemudik hingga sampai ke tempat tujuan.

"Kepada para pengemudi di jalan hati-hati karena membawa keselamatan puluhan orang di dalam bus. Jangan sampai pengemudinya ugal-ugalan, lalai, atau ngantuk. Kalau jalan lengang jangan ngebut, biasa-biasa saja," ujar Aher.

Adapun, Kepala Dinas Perhugungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan meskipun tujuan utama Solo, Semarang, dan Yogyakarta tidak menutup kemungkinan pemudik bisa turun apabila tempat tujuan dilintasi rute yang dilalui. Hal ini pun diapresiasi para pemudik.

"Tapi tidak menutup kemungkinan yang rutenya terlintasi, tadi saya tanya ada yang menuju ke Cirebon. Yang tujuan Semarang kan berhenti di Cirebon pemudik bisa ikut juga. Tadinya dia mau menggunakan roda dua, tapi karena ada mudik gratis ini dari Pemprov Jabar dan diapresiasi oleh masyarakat," pungkasnya.

Tag: Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Rahmat Saepulloh

Recommended Reading