Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 24 Juni 2017

  • 23:38 WIB. Mudik Lebaran - Gubernur Sumut tegaskan ASN dilarang gunakan kendaraan dinas untuk mudik.
  • 23:29 WIB. Obama¬†- Mantan Presiden AS Barack Obama selain berlibur di Bali ia dikabarkan akan berlibur di Yogyakarta.
  • 23:27 WIB. Mudik Lebaran - Menteri Luhut harap tragedi brexit tidak terulang kembali.
  • 23:27 WIB. Daging Sapi - Harga daging sapi di Medan tembus Rp140 ribu/kg.
  • 23:25 WIB. Mudik Lebaran - Menhub: Bus tanpa stiker biru dilarang beroperasi.
  • 23:24 WIB. Mudik Lebaran - Polantas: Puncak mudik di Bekasi terjadi Kamis malam.
  • 22:45 WIB. Sydney - Kepolisian Sydney akan pasang pembatas di area pejalan kaki, guna cegah serangan kendaraan bermotor.
  • 22:32 WIB. Mudik Lebaran - 26.183 pemudik motor lewati Cirebon.
  • 22:30 WIB. Mudik Lebaran - Aher sebut selama menjabat sebagai gubernur Jabar mudik lebaran tahun ini lancar.
  • 22:27 WIB. China - Otoritas China perketat penyebaran konten video berbasis online.

Kemenkop Dorong KWIQ Jadi Model Koperasi Diaspora Indonesia

Foto Berita Kemenkop Dorong KWIQ Jadi Model Koperasi Diaspora Indonesia
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring mendorong Koperasi Warga Indonesia Qatar (KWIQ) menjadi model pengembangan koperasi yang beranggotakan para WNI di luar negeri (diaspora).

Berdasarkan keterangan yang diterima Warta Ekonomi, hal tersebut diungkapkan Meliadi saat dirinya bersama Asisten Deputi Keanggotaan Koperasi, Kemenkop dan UKM Salekan memberikan pengarahan kepada anggota KWIQ di Hotel Intercontanental, Doha, Qatar, Jumat (16/6/2017) waktu setempat. 

"Diharapkan dapat dijadikan contoh bagi para diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara," kata Meliadi.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut Meliadi memberikan pengarahan agar KWIQ dikelola secara profesional oleh orang-orang yang memiliki kompetensi bidang perkopersian dan bisnis sehingga usahanya fokus dan dengan sistem yang baik.

Disampaikan, koperasi menjadi pilihan diaspora Indonesia karena koperasi dianggap sebagai badan hukum dan badan usaha yang sesuai. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah koperasi dibangun berdasarkan kekuatan anggota minimal 20 orang.

"Saat ini WNI di Qatar diperkirakan berjumlah sekitar 30.000 orang dan diharapkan sedikitnya 600 orang bisa menjadi anggota KWIQ secara bertahap," harapnya.

KWIQ dibentuk pada 26 Juni 2016 oleh komunitas diaspora Indonesia di Qatar dan baru pada bulan Februari 2017 resmi disahkan. Pendirian koperasi ini menjadi sarana untuk menyejahterakan anggota dan rakyat Indonesia pada umumnya serta menjadi networking dan bridging bagi pelaku usaha di Indonesia dan Qatar.

Koperasi yang dimotori Indonesian Business Asscociation in Qatar (IBAQ) serta difasilitasi dan didukung KBRI Doha itu menjadi wadah untuk mengintegrasikan komunitas diaspora dan pelaku usaha Indonesia yang memiliki usaha di Qatar.

Core business atau bisnis inti yang dijalankan koperasi ini yakni di bidang usaha jasa (perdagangan/retail, tourism, manpower supply), pariwisata, dan ekspor-impor. Sebagai langkah awal dimulainya pengembangan usaha retail Meliadi bersama Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi akan meresmikan minimarket baru milik koperasi pada Sabtu, 17 Juni 2017 di Doha.

Duta Besar RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi mengapresiasi pembentukan koperasi guna meningkatkan diplomasi ekonomi kedua negara khususnya dalam rangka peringatan hubungan diplomatik RI-Qatar.

Menurut Dubes Basri, koperasi harus bermanfaat bagi komunitas diaspora dengan memanfaatkan peluang kebijakan look east policy yang diterapkan Qatar.

Tag: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Meliadi Sembiring, Koperasi Warga Indonesia Qatar, KWIQ, Qatar, Muhammad Basri Sidehabi

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Ning Rahayu

Recommended Reading