Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 27 Juni 2017

  • 23:01 WIB. Al Qaeda - Al Qaeda bebaskan sandera berkebangsaan Swedia, setelah hampir enam tahun ditahan.
  • 22:58 WIB. Kolombia - Pencarian terus dilakukan pascahilangnya kapal pariwisata di Kolombia.
  • 22:40 WIB. Iran - Iran desak Eropa bantu promosikan dialog di Teluk Persia.
  • 22:23 WIB. Libur Lebaran - H+1 Ancol dipenuhi 43.000 pengunjung.
  • 22:21 WIB. Arus Balik Lebaran - Jasa Marga prediksi arus balik lebaran terjadi pada H+4.
  • 22:22 WIB. Mudik Lebaran - Presiden Jokowi mudik ke Solo H+2.
  • 22:20 WIB. Turki - Pengawal presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilarang mengawal dirinya terkait insiden di Washington bulan lalu.
  • 22:10 WIB. Barack Obama - Berlibur di Bali, Barack Obama "rafting" bersama keluarga.
  • 22:01 WIB. Donald Trump - Presiden AS, Donald Trump, abaikan tradisi jamuan Idul Fitri di Gedung Putih.
  • 21:57 WIB. Irlandia - Kapal Angkatan Laut Irlandia selamatkan 712 pengungsi di dekat Libya.
  • 21:24 WIB. Sudan - Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Republik Sudan dilaporkan tanpa dilengkapi dengan ketersediaan ketupat.
  • 21:22 WIB. Kemenhub - Kementerian Perhubungan mengimbau pemudik dapat kembali ke kota asal sebelum tanggal 29 Juni 2017.
  • 21:21 WIB. Rusia - Badan Intelijen Rusia menuding aplikasi Telegram telah digunakan teroris untuk merencanakan serangan di Rusia.
  • 21:19 WIB. Jasa Marga - Jasa Marga memprediksi arus balik libur lebaran terjadi pada Jumat (30/6/2017) atau H+4.
  • 23:45 WIB. China - "Border kulit" sedang menjadi trend di China.

Dukung Rekonsiliasi, Suriah Laksanakan Gencatan Senjata

Foto Berita Dukung Rekonsiliasi, Suriah Laksanakan Gencatan Senjata
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Militer Suriah mengatakan pihaknya akan menghentikan operasi tempur di kota selatan, Deraa, selama 48 jam terhitung Sabtu, menurut pernyataan yang dimuat oleh kantor berita SANA.

Sebuah lembaga pemantau perang mengatakan tingkat kekerasan telah menurun tiga jam setelah gencatan senjata dijadwalkan mulai berlangsung. Namun, para pemberontak mengatakan kota itu masih terus dibombardir.

Komando militer mengatakan gencatan senjata dijadwalkan mulai berlaku pada Sabtu pukul 12.00 waktu setempat dan ditujukan untuk mendukung "upaya rekonsiliasi".

Militer Suriah dan pasukan milisi dukungan Iran telah meningkatkan serangan ke bagian yang dikuasai pemberontak di kota Deraa dalam beberapa pekan terakhir ini.

Sementara itu, seorang komandan pemberontak di Deraa mengatakan kepada Reuters bahwa permusuhan belum berhenti.

"Kami belum mendengar pembicaraan soal itu dan rezim masih menyerang kami dengan intensitas yang sama," kata komandan tersebut pada pukul 15.30 waktu setempat.

Amerika Serikat dan Rusia telah mengadakan pembicaraan soal pembuatan "zona penurunan (pertempuran)" di Suriah barat daya, termasuk provinsi Deraa, di perbatasan dengan Jordania, serta di Quneitra, yang berbatasan dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Kota Deraa berada tercakup dalam perencanaan yang diperantarai Iran, Rusia dan Turki di ibu kota negara Kazakhstan, Astana, pada Mei untuk mewujudkan zona penurunan di Suriah.

Sejak Mei, tingkat kekerasan telah berkurang secara luas di sejumlah daerah yang diusulkan sebagai zona penurunan namun pertempuran masih berlangsung di wilayah-wilayah garis depan, termasuk kota Deraa.

Lembaga pemantau perang, Syrian Observatory for Human Rights mengatakan ada penurunan tingkat peperangan dan penggempuran di kota itu selama tiga jam sejak gencatan senjata diberlakukan.

Namun, lembaga yang berpusat di Inggris itu mengatakan penggempuran dan serangan udara masih terus mengenai beberapa bagian kota. (Ant)

Tag: Suriah

Penulis: ***

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Antara/Reuters/Khalil Ashawi

Recommended Reading