Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

Rusia Klaim Tumbangkan Dua Komandan ISIS

Foto Berita Rusia Klaim Tumbangkan Dua Komandan ISIS
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kementerian pertahanan Rusia, Sabtu, mengatakan pihaknya telah menewaskan dua komandan lapangan kelompok IS dalam serangan udara di dekat kota Deir al-Zor di Suriah timur.

Kedua komandan itu adalah Abu Omar al-Beljiki dan Abu Yassin al-Masri.

Pernyataan kementerian pertahanan muncul satu hari setelah Rusia mengatakan pihaknya kemungkinan telah menewaskan pemimpin IS Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan udara bulan lalu.

Washington mengatakan pihaknya tidak dapat memastikan tewasnya Baghdadi sementara para pejabat Irak dan negara-negara Barat menyangsikan kabar tersebut.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan, Sabtu, pasukannya telah menewaskan sekitar 180 milisi dan kedua komandan, al-Beljiki dan al-Masri, dalam serangan udara ke Deir al-Zor pada 6 Juni dan 8 Juni.

Hisham al-Hashimi, pakar yang tinggal di Baghdad dan merupakan penasihat pemerintah sejumlah negara Timur Tengah menyangkut pergerakan IS, mengatakan ia merasa sangsi atas pernyataan Rusia pada Sabtu.

Ia mengatakan Abu Yasin al-Masri adalah orang sama yang bernama Abu al-Haj al-Masri, yang dikatakan Rusia pada Jumat ditewaskan di dekat Raqqa pada Mei.

Al-Hashimi mengatakan pemimpin IS lainnya, al-Beljiki, kemungkinan tidak berada di Suriah saat serangan dilancarkan.

"Rusia berupaya meningkatkan catatan mereka dalam memerangi Daesh (IS, red) sementara adalah Amerika yang sejauh ini telah membunuh komandan-komandan tinggi kelompok itu, seperti Abu Ombar al-Shishani, Abu Muslim al-Turkmani, Abu Mohammed al-Adnani dan Abu Ali an-Anbari," katanya.

"Jika pengumuman (Rusia) itu terbukti salah, kepercayaan terhadap mereka (Rusia) akan rusak," ujar al-Hashimi.

Para petempur IS hampir kalah di dua ibu kota wilayah yang diaku kelompok itu, yakni Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah, setelah hampir tiga tahun menguasai jutaan penduduk di banyak wilayah di kedua negara itu.

Koalisi pimpinan Amerika Serikat sedang mendampingi pasukan Irak dalam pertempuran di Mosul serta mendukung Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang mencakup para milisi Arab dan Kurdi, di Raqqa.

Setelah dipaksa mundur di banyak wilayah Suriah, benteng terbesar IS yang masih tersisa di Suriah berada di provinsi timur, Deir al-Zor. (Ant)

Tag: Rusia, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)

Penulis: ***

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Reuters/Stringer

Recommended Reading