Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 27 Juni 2017

  • 23:01 WIB. Al Qaeda - Al Qaeda bebaskan sandera berkebangsaan Swedia, setelah hampir enam tahun ditahan.
  • 22:58 WIB. Kolombia - Pencarian terus dilakukan pascahilangnya kapal pariwisata di Kolombia.
  • 22:40 WIB. Iran - Iran desak Eropa bantu promosikan dialog di Teluk Persia.
  • 22:23 WIB. Libur Lebaran - H+1 Ancol dipenuhi 43.000 pengunjung.
  • 22:21 WIB. Arus Balik Lebaran - Jasa Marga prediksi arus balik lebaran terjadi pada H+4.
  • 22:22 WIB. Mudik Lebaran - Presiden Jokowi mudik ke Solo H+2.
  • 22:20 WIB. Turki - Pengawal presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilarang mengawal dirinya terkait insiden di Washington bulan lalu.
  • 22:10 WIB. Barack Obama - Berlibur di Bali, Barack Obama "rafting" bersama keluarga.
  • 22:01 WIB. Donald Trump - Presiden AS, Donald Trump, abaikan tradisi jamuan Idul Fitri di Gedung Putih.
  • 21:57 WIB. Irlandia - Kapal Angkatan Laut Irlandia selamatkan 712 pengungsi di dekat Libya.
  • 21:24 WIB. Sudan - Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Republik Sudan dilaporkan tanpa dilengkapi dengan ketersediaan ketupat.
  • 21:22 WIB. Kemenhub - Kementerian Perhubungan mengimbau pemudik dapat kembali ke kota asal sebelum tanggal 29 Juni 2017.
  • 21:21 WIB. Rusia - Badan Intelijen Rusia menuding aplikasi Telegram telah digunakan teroris untuk merencanakan serangan di Rusia.
  • 21:19 WIB. Jasa Marga - Jasa Marga memprediksi arus balik libur lebaran terjadi pada Jumat (30/6/2017) atau H+4.
  • 23:45 WIB. China - "Border kulit" sedang menjadi trend di China.

Pemerintah Pusat Diminta Terbangkan Garuda ke Wakatobi

Foto Berita Pemerintah Pusat Diminta Terbangkan Garuda ke Wakatobi
Warta Ekonomi.co.id, Kendari -

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, meminta pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata untuk mendaratkan pesawat Garuda Indonesia di kabupaten tersebut.

"Pemkab Wakatobi tidak sanggup membayar subsidi sebesar Rp1 miliar per bulan seperti yang diminta maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk mendaratkan pesawat Garuda di Wakatobi yang mengangkut penumpang dari Bali," kata Kepala Bidang Protokoler, Komunikasi Publik dan Kerja Sama Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi melalui telepon dari Wakatobi, Sabtu (17/6/2017).

Oleh karena itu kata dia, Pemkab Wakatobi meminta dukungan dari pihak Pemerintah Pusat untuk menanggung subsidi minimal sebesar 50 persen dari yang diminta pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia senilai Rp1 miliar per bulan.

Sebab kondisi keuangan Pemkab Wakatobi tidak memungkinkan menanggung subsidi yang diminta maskapai Garuda senilai Rp1 miliar tersebut.

"Keuangan daerah Wakatobi, tidak sanggup memberikan subsidi kepada maskapai Garuda Indonesia sebesar Rp1 miliar per bulan sebagaimana yang diminta pihak Garuda Indonesia," katanya.

Menurut dia pembukaan rute penerbangan Bali-Wakatobi dan Wakatobi Toraja oleh Garuda Indonesia disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berkunjung di Wakatobi awal Maret 2017.

Saat itu kata dia, Menteri Perhubungan menjanjikan kepada masyarakat Wakatobi bahwa dalam waktu dekat, Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan Bali-Wakatobi dan Wakatobi-Toraja.

"Pembukaan rute Bali-Wakatobi dan Wakatobi Toraja akan memberi dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat Wakatobi," katanya.

Selain bisa mendorong perkembangan industri pariwisata dan membuka lapangan kerja, pembukaan rute tersebut juga akan memberikan kesempatan berusaha bagi masyarakat Wakatobi.

"Masyarakat Wakatobi bisa membuka usaha biro perjalanan wisata, usaha travel atau usaha angkutan cargo pesawat," katanya. (Ant)

Tag: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Penulis: ***

Editor: Fajar Sulaiman

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading