Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 22 Agustus 2017

  • 14:04 WIB. Milan - AC Milan bidik¬†gelandang jangkar Juventus, Marchisio.
  • 13:38 WIB. Taliban - Taliban kecam kebijakan Trump terkait intervensi militer di Afghanistan.
  • 11:44 WIB. Restoran - 169 restoran McDonald's di India tutup.
  • 11:15 WIB. Gadget - Acer hadirkan salah satu model notebook Nitro 5 Spin unggulan terbarunya yang digadang-gadang untuk mengantisipasi peluncuran Intel Coffee Lake.
  • 11:13 WIB. Gadget - Samsung telah hadirkan Samsung Galaxy J3 Pro ke Indonesia, dan sudah bisa dipesan melalui e-commerce lokal Dinomarket.
  • 11:11 WIB. Gadget - Xiaomi telah resmi rilis smartphone terbarunya, Xiaomi Redmi Note 5A.
  • 11:00 WIB. Machine learning - Google bersama News Lab akan bekerja sama dengan ProPublica untuk membuat machine learning.
  • 10:57 WIB. Machine learning - Google: Machine learning itu akan menganalisis teks dan mengekstrak informasi tentang orang, tempat, dan peristiwa.
  • 10:47 WIB. OS - Mondelez: Google tidak membayar kami untuk menggunakan nama Oreo. Ini murni kerja sama branding.
  • 10:39 WIB. Donald Trump - Presiden Donald Trump sebut dirinya akan tambah intervensi militer di Afghanistan.

Jabar Perkuat Kerja Sama dengan 11 Negara

Foto Berita Jabar Perkuat Kerja Sama dengan 11 Negara
Warta Ekonomi.co.id, Bandung -

Memasuki pertengahan tahun 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tercatat telah menjalin kerja sama dalam berbagai bidang dengan 11 negara bagian dari delapan negara di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.

Dari sebelas negara bagian tersebut lima di antaranya telah terbentuk kerja sama sister province, yaitu dengan Australia Selatan, Kota Metropolitan Chongqing, Daerah Otonom Guangxi Zhuang, Provinsi Shichuan, dan Provinsi Heilongjiang Republik Rakyat Tiongkok.

Selanjutnya empat negara bagian Khartom (Sudan), Souss Massa Region (Maroko), Prefektur Shizouka (Jepang), dan Wallonia Region (Belgia) telah terbentuk kerja sama letter of intent (LOI) yang akan segera ditingkatkan menjadi sister province.

"Dalam waktu dekat ini Pemprov Jabar juga akan menjajaki kerja sama dengan Incheon (Korea Selatan) dan Bashkortostan (Rusia)," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) kepada wartawan di Bandung, Sabtu (17/6/2017).

Aher mengungkapkan pihaknya tidak menginginkan kerja sama berhenti hanya sampai di tanda tangan saja. "Kita ingin mewujudkan langsung kerja sama yang nyata paling tidak satu jenis kerja sama sebelum membuka kerja sama yang lain," ungkapnya.

Menurutnya, bila satu kerja sama telah terlaksana maka akan membuka peluang kerja sama lain yang lebih luas. "Karena kalau dibuka kerja sama itu banyak dan luas, kita tentukan dengan Sudan apa dulu dengan Maroko apa dulu yang dipilih misalnya," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jabar beberapa bulan lalu telah melakukan kunjungan kerja terkait kerja sama ke negara Maroko, Tiongkok, dan Australia. Bidang-bidang potensial yang telah dikerjasamakan antara lain bidang pendidikan, pertanian, peningkatan dan pengembangan ekspor, pariwisata, penanaman modal, kelautan dan perikanan, pengembangan kompetensi aparatur, penelitian, pengembangan dan penerapan iptek, kepemudaan dan olahraga, transportasi, koperasi, dan teknologi informasi.

Tag: Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Rahmat Saepulloh

Recommended Reading