Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

Kembangkan Bisnis Mitra Bugar Bersama Buka Cabang di Semarang

Foto Berita Kembangkan Bisnis Mitra Bugar Bersama Buka Cabang di Semarang
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

PT Mitra Bugar Bersama, pengelola pusat kebugaran ReFIT Club, membuka cabang ketiga di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah pada April 2017. Pembukaan cabang ReFIT Club di Semarang tersebut memperkuat ekspansi bisnis ReFIT Club yang beroperasi sejak tahun 2016. Mitra Bugar Bersama memperluas ekspansi bisnisnya di kota-kota second tier guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan pusat kebugaran yang  berkualitas internasional dengan harga keanggotaan yang kompetitif. Sebelumnya ReFIT Club sudah beroperasi di Green Lake City, Jakarta Barat dan Aeropolis Club House, Soekarno Hatta Jakarta.

CEO PT Mitra Bugar Bersama, Irawan Amanko mengatakan jika pihaknya membuka peluang mewaralabakan ReFIT Club seiring dengan berkembangnya industri pusat kebugaran di Indonesia. "Prospek bisnis pusat kebugaran di Indonesia sangat prospektif seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat  mengenai gaya hidup sehat dan semakin tingginya daya beli konsumen, khususnya generasi muda. Sehingga bisnis pusat kebugaran adalah bisnis yang berkembang secara pesat dan memberikan peluang yang menjanjikan,” ujar Irawan, dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

ReFIT Club mengusung konsep pusat kebugaran yang terjangkau (affordable gym) tetapi menyediakan fasilitas lengkap bagi masyarakat yang menginginkan pusat kebugaran dengan harga keanggotaan (membership) yang iurannya ramah bagi kantong konsumen. Model bisnis ReFIT Club menawarkan keuntungan bagi para pewaralaba (Franchisee). Sebab, PT Mitra Bugar Bersama memiliki tim terpadu dan memiliki pengalaman yang lama di industri fitness yang terdiri dari tim konstruksi, interior desain, marketing, instruktur atau pelatih kebugaran, tenaga ahli di bidang teknologi informasi, petugas perawatan serta kebersihan berpengalaman yang siap membantu pewaralaba dalam membangun dan mengoperasikan sebuah ReFIT Club. 

"Model waralaba kami terdiri dari biaya pengembangan (development cost) senilai kurang lebih Rp2 Miliar, tergantung luas lahan yang dibangun dan Royalty Fee senilai Rp400 Juta, Management Fee sekitar 10% dari pendapatan kotor tiap bulannya," ungkap Irawan. Berpijak dari skema waralaba ReFIT Club itu, maka Irawan mengestimasikan Return of Investment atau ROI (tingkat pengembalian investasi) sekitar 3 tahun. 

Angka yang dijabarkan Irawan itu menarik minat para investor. Sebab, menurut Irawan, perusahaanya berhasil menjaring minat investor untuk membuka cabang di sejumlah daerah. "Kami sudah dalam tahap berencana membuka dua cabang lagi yang menggandeng investor untuk memperluas bisnis ReFIT Club di daerah," tutur Irawan.

ReFIT adalah pusat kebugaran lokal yang dirintis oleh empat sahabat yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri pusat kebugaran nasional maupun internasional, sebagai konsumen dan juga service provider. Mereka adalah Jerry Mulyadi sebagai Komisaris PT Mitra Bugar Bersama, Irawan Amanko selaku CEO, Mela Gunawan (Direktur Marketing), dan Agus Miftahudin (Direktur Pengembangan Produk). ReFIT Club menyediakan sejumlah kelas kebugaran, yaitu ReACTION adalah latihan kardio berdurasi 45 menit dengan kombinasi seni bela diri campuran dan ReCON adalah kelas yang ditujukan untuk melatih daya tahan otot yang diiringi musik yang memacu adrenalin serta dipandu instruktur berstandar internasional. Selain kelas andalannya, ReFIT juga menyediakan Zumba, Yoga, Aerobic dan lainnya. ReFIT menyediakan sistem keanggotaan yang biayanya berkisar Rp175 ribu-Rp300 ribu per bulan. 

Selain itu, ReFIT menyediakan alat fitness yang lengkap dan berkualitas serta merupakan club pertama di Indonesia yang menyediakan alat dari ROVER Equipment. Selain alat fitness yang lengkap, terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti loker dan kamar mandi khusus untuk para anggota. 

“Kami percaya bahwa nama adalah sebuah harapan. Pemilihan nama ReFIT diambil dari dua kata, yakni Re yang berarti pengulangan dan Fit yang berarti bugar. Kami meyakini untuk membangun kebiasaan baru perlu dilakukan berulang kali. Dengan repetisi dan pengarahan yang tepat, gaya hidup sehat akan bisa tercapai dan dipertahankan seumur hidup. Melalui nama ini diharapkan kehadiran ReFIT dapat mengembalikan serta terus mempertahankan kesehatan dan kebugaran masyarakat,” tukasnya.

Tag: Irawan Amanko, PT Mitra Bugar Bersama

Penulis: Annisa Nurfitriyani

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Plus.google.com

Recommended Reading