Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 22 Agustus 2017

  • 14:21 WIB. Prancis - Perusahaan Prancis, Total mengakuisisi Maersk senilai US$74,5 miliar.
  • 14:18 WIB. Mayapada - Bank Mayapada melakukan due diligence penawaran umum obligasi subordinasi berkelanjutan I Tahap I/2017.
  • 14:18 WIB. Taksi Online - Organda menilai, keberadaan taksi online akan menjadi ilegal imbas MA menggugurkan aturan taksi online.
  • 14:11 WIB. Jakarta - Kepala BNN, Budi Waseso mengancam akan mengambil tindakan tegas terhadap artis yang terlibat jaringan pengedar narkoba di Indonesia.
  • 14:08 WIB. Jakarta - Kemenhub berencana membangun jalur rel kereta layang atau loop line pada jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Jakarta.
  • 14:04 WIB. Milan - AC Milan bidik gelandang jangkar Juventus, Marchisio.
  • 13:38 WIB. Taliban - Taliban kecam kebijakan Trump terkait intervensi militer di Afghanistan.
  • 11:44 WIB. Restoran - 169 restoran McDonald's di India tutup.
  • 11:15 WIB. Gadget - Acer hadirkan salah satu model notebook Nitro 5 Spin unggulan terbarunya yang digadang-gadang untuk mengantisipasi peluncuran Intel Coffee Lake.
  • 11:13 WIB. Gadget - Samsung telah hadirkan Samsung Galaxy J3 Pro ke Indonesia, dan sudah bisa dipesan melalui e-commerce lokal Dinomarket.
  • 11:11 WIB. Gadget - Xiaomi telah resmi rilis smartphone terbarunya, Xiaomi Redmi Note 5A.
  • 11:00 WIB. Machine learning - Google bersama News Lab akan bekerja sama dengan ProPublica untuk membuat machine learning.
  • 10:57 WIB. Machine learning - Google: Machine learning itu akan menganalisis teks dan mengekstrak informasi tentang orang, tempat, dan peristiwa.

Tito Yakin Pilkada Serentak Tak Ganggu Pasar Modal

Foto Berita Tito Yakin Pilkada Serentak Tak Ganggu Pasar Modal
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan jika berdasarkan pengalaman yang ada, pasar modal Indonesia tidak pernah terpengaruh dengan kondisi politik di tanah air.

Hal tersebut berkaitan dengan langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah meluncurkan jadwal resmi tahapan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Meski begitu, dirinya tak memungkiri jika pihaknya belum memiliki pengalaman Pilkada serentak.

"Historically, pilkada bursa tidak terpengaruh dengan situasi politik, yang saya tidak punya pengalaman pilkada nanti pilkada serentak artinya dana yang tertarik dulu kan dana yg keluar dana bawah bantal semua sekarang kan dari luar bantal semua itu yang kita tidak punya pengalaman sampai saat ini, apakah dana ini akan keluar," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Kamis (15/6/29017). 

Ia mencontohkan pada saat pemilihan umum (Pemilu) presiden tahun 2009, 2014 dan pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu yang membuat Gubernur petahanan, Basuki Cahaya Purnama hingga masuk penjara pun tidak mempengaruhi perdagangan di BEI. "Pemilu 2009, 2004, pilkada dua kali, ahok di penjara tidak ganggu kok," terangnya. 

Pasalnya, optimisme Tito didukung oleh kondisi makro ekonomi di tanah air masih baik. Pemerintah pun masih memiliki kepercayaan diri terkait dengan kondisi ekonomi. "Politik tidak pernah mengganggu perdagangan bursa dan kita percaya confidence pemerintah, kemudian naiknya indeks dan semuanya menunjukan tanda baik," ucapnya.

Tag: Bursa Efek Indonesia (BEI), pemilu

Penulis: Annisa Nurfitriyani

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Sufri Yuliardi

Recommended Reading