Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Rabu, 23 Agustus 2017

  • 00:00 WIB. JK - Wapres JK minta KPK lebih kuat lagi.
  • 23:08 WIB. First Travel - First Travel masih kekeh mampu memberangkatkan calon jamaah umrah ke Mekah.
  • 23:07 WIB. Valencia - Inter Milan dapatkan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Valencia disertai opsi pembelian di akhir musim.
  • 23:01 WIB. Kemenhub - Kemenhub menargetkan penerapan aplikasi Inaportnet di sepuluh pelabuhan hingga akhir 2017.
  • 23:00 WIB. Arebi - Arebi mengklaim sektor properti di Pulau Bali mulai mengalami pergerakan penjualan.
  • 22:59 WIB. Pefindo - Pefindo memberikan prospek stabil bagi sejumlah perusahaan multifinance meski kondisi industri masih tertekan.
  • 22:58 WIB. BEI - BEI Perwakilan Semarang menargetkan 12.000-13.000 investor hingga akhir 2017.
  • 22:57 WIB. Tenis - Rafael Nadal kembali menduduki ranking 1 dunia tenis.
  • 22:57 WIB. Jakpro - Jakarta Propertindo berharap pengajuan suntikan modal Rp3,5 triliun bisa disetujui dewan.
  • 22:56 WIB. Pakuwon - Pakuwon Jati akan segera mengoperasikan Tunjungan Plaza 6 pada 23 September mendatang.
  • 22:56 WIB. US Open - Victoria Azarenka absen dari turnamen US Open terkait masalah keluarga.
  • 22:55 WIB. Fesyen - Pebisnis pakaian jadi membidik pasar Eropa Timur sebagai alternatif tujuan ekspor yang menjanjikan.
  • 22:55 WIB. Ternak - Sejumlah pedagang hewan kurban di Soreang mengeluhkan harga bibit ternak yang mahal.
  • 22:54 WIB. Jerman - Pelaku industri makanan dan minuman mengincar pasar Jerman yang terkenal sebagai pusat perekonomian di Eropa.
  • 22:53 WIB. Catalunya - Barcelona dikabarkan akan menuntut Neymar terkait masalah kontrak.

CBF Bantu Jajaki Pasar Ekspor untuk Naikkelaskan Anggota

Foto Berita CBF Bantu Jajaki Pasar Ekspor untuk Naikkelaskan Anggota
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

CEO Business Forum Indonesia (CBF) yang hingga saat ini telah memiliki 200 anggota pengusaha terus menjalankan peran dan fungsinya dalam mendorong para anggota untuk naik kelas. Salah satu upaya yang dilakukan CBF, yaitu menjajaki pasar ekspor yang dapat menjadi target pasar anggota.

Ketua Umum CBF Jahja B Soenarjo mengatakan beberapa anggota sudah merambah pasar ekspor, seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Australia, dan Selandia Baru.

"Anggota CBF sudah banyak yang melakukan ekspor. Misalnya perusahaan sambal di Sidoarjo, Garuda food, Tiga Pilar. Tetapi, kita ingin punya peran serta untuk membina yang lebih kecil lagi agar mereka juga bisa bisa dibantu masuk ke pasar ekspor," kata Jahja kepada Warta Ekonomi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Rencananya, dalam waktu dekat CBF juga akan melakukan kunjungan atau business trip untuk menjajaki pasar di Selandia baru. Selain itu, CBF juga akan menjembatani para anggota dengan Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Luar Negeri agar bisa mendapatkan database pembeli.

"Kemudian bekerja sama juga dengan Indonesian Trade and Promotion Centre di setiap negara yang kami pandang pasarnya bagus, kantor kedutaan-kedutaan itu juga bisa menjadi perwakilan yang cukup efektif buat kita," kata Jahja.

Selain menjajaki pasar ekspor, CBF juga membudayakan sharing business knowledge antar-anggota sebagai salah satu upaya menaikkelaskan bisnis anggota. Sharing business knowledge ini baik mengenai ekspor, produk, maupun strategi marketing. Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi percepatan pertumbuhan bisnis anggota CBF.

"Dalam komunitas ini kita saling mengisi. Masing-masing anggota bisa menjadi konsultan bagi anggota lain. Untuk yang berpengalaman (ekspor) bisa membimbing atau yang sudah berpengalaman bisa membawa produk perusahaan anggota lainnya yang mau dititipkan, mau dibawakan. Boleh. Namanya juga sinergi. Bisnis itu sinergi. Kalau jalan sendiri-sendiri itu berat," jelas Jahja.

Tag: Jahja B. Soenarjo, CEO Business Forum Indonesia, CBF

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Recommended Reading