Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 24 Juni 2017

  • 23:38 WIB. Mudik Lebaran - Gubernur Sumut tegaskan ASN dilarang gunakan kendaraan dinas untuk mudik.
  • 23:29 WIB. Obama¬†- Mantan Presiden AS Barack Obama selain berlibur di Bali ia dikabarkan akan berlibur di Yogyakarta.
  • 23:27 WIB. Mudik Lebaran - Menteri Luhut harap tragedi brexit tidak terulang kembali.
  • 23:27 WIB. Daging Sapi - Harga daging sapi di Medan tembus Rp140 ribu/kg.
  • 23:25 WIB. Mudik Lebaran - Menhub: Bus tanpa stiker biru dilarang beroperasi.
  • 23:24 WIB. Mudik Lebaran - Polantas: Puncak mudik di Bekasi terjadi Kamis malam.
  • 22:45 WIB. Sydney - Kepolisian Sydney akan pasang pembatas di area pejalan kaki, guna cegah serangan kendaraan bermotor.
  • 22:32 WIB. Mudik Lebaran - 26.183 pemudik motor lewati Cirebon.
  • 22:30 WIB. Mudik Lebaran - Aher sebut selama menjabat sebagai gubernur Jabar mudik lebaran tahun ini lancar.
  • 22:27 WIB. China - Otoritas China perketat penyebaran konten video berbasis online.

CBF Bantu Jajaki Pasar Ekspor untuk Naikkelaskan Anggota

Foto Berita CBF Bantu Jajaki Pasar Ekspor untuk Naikkelaskan Anggota
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

CEO Business Forum Indonesia (CBF) yang hingga saat ini telah memiliki 200 anggota pengusaha, terus menjalankan peran dan fungsinya dalam mengupayakan anggotanya untuk naik kelas. Salah satu upaya yang dilakukan CBF, yaitu menjajaki pasar ekspor yang dapat menjadi target pasar anggotanya. Jahja B. Soenarjo Ketua Umum CBF mengatakan bahwa CBF banyak membidik pasar ekspor, seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Australia, dan Selandia.

"Anggota CBF sudah banyak yang melakukan ekspor. Misalnya perusahaan sambal di Sidoarjo, Garuda food, Tiga pilar. Tetapi kita ingin punya peran serta untuk membina yang lebih kecil lagi. Agar mereka juga bisa bisa dibantu masuk ke pasar ekspor,” kata Jahja kepada Warta Ekonomi beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dalam waktu dekat, rencananya CBF juga akan melakukan kunjungan atau business trip ke Selandia baru untuk menjajaki pasarnya. Selain itu, CBF juga akan menjembatani para anggotanya dengan Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Luar Negeri untuk bisa mendapatkan database pembeli. Sehingga anggota dapat melihat kondisi pasar Selandia.

“Kemudian bekerja sama juga dengan Indonesian Trade and Promotion Centre di setiap negara yang kami pandang pasarnya bagus, kantor kedutaan-kedutaan itu juga bisa menjadi display buat kita. Bisa menjadi perwakilan yang cukup efektif buat kita,” kata Jahja.

Selain menjajaki pasar ekspor, sebagai salah satu upaya menaikkelaskan bisnis anggota, CBF juga membudayakan sharing business knowledge antar anggotanya, baik mengenai ekspor, produk, maupun strategi marketing. Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi percepatan pertumbuhan bisnis anggota CBF.

“Dalam komunitas ini kita saling mengisi. Masing-masing anggota bisa menjadi konsultan bagi anggota lain. Untuk yang berpengalaman (ekspor) bisa membimbing. Atau yang sudah berpengalaman bisa membawa produk perusahaan anggota lainnya yang mau dititipkan, mau dibawakan. Boleh. Namanya juga sinergi. Bisnis itu sinergi. Kalau jalan sendiri-sendiri itu berat. Mungkin ke depan, anggota CBF ingin membuat semacam wadah,” jelas Jahja.

Tag: Jahja B. Soenarjo, CEO Business Forum Indonesia

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Agus Aryanto

Recommended Reading