Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 19 Agustus 2017

  • 23:44 WIB. Gadget - Nokia 8 jadi ponsel Android pertama Nokia yang memakai lensa Zeiss pada kamera depan dan belakangnya.
  • 23:42 WIB. Satelit - Satelit hasil cetakan 3D segera meluncur ke luar angkasa.
  • 23:38 WIB. Konten - Telin dan KMK Online bekerja sama untuk perkaya konten bagi TKI.
  • 23:36 WIB. Apple - CEO Apple menyampaikan kecamannya terhadap tindakan rasis dalam sebuah email kepada para karyawan.
  • 21:28 WIB. KAI - KAI Commuter Jabodetabek mencatat 800.000 pengguna menikmati layanan gratis pada saat HUT RI, Kamis (17/8/2017).
  • 21:26 WIB. Twitter - Twitter Indonesia mencatat ada lebih dari 1,1 juta cuitan di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-72.
  • 21:24 WIB. Grab - Grab memperkenalkan fitur Instant Cash Out.
  • 21:24 WIB. DKI - Pemprov DKI Jakarta meminta Adhi Karya untuk segera membongkar sisa tiang pancang di kawasan Rasuna Said.
  • 21:23 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia belum berencana untuk bermain di pasar taksi. 
  • 21:22 WIB. KY - Komisi Yudisial akan terus melakukan pemeriksaan dan investigasi terkait persidangan kasus megakorupsi E-KTP.
  • 21:20 WIB. Tanjung Lesung - Tanjung Lesung menghadirkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon dalam Tanjung Lesung Festival.
  • 21:19 WIB. BMW - BMW Group Indonesia mengatakan belum siap menjual BMW i3.
  • 21:18 WIB. MPI - Mahkota Properti Indo bakal masuk ke pasar modal sebagai pembeli siaga rights issue yang digelar oleh Intikeramik Alamasri Industri.
  • 21:17 WIB. Pertamina - Pertamina menyerahkan 5.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Balikpapan.
  • 21:17 WIB. Nam Air - Nam Air berencana menambah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi.

Pelni-Pertamina Kerja Sama Bangun Kapal Pesiar

Foto Berita Pelni-Pertamina Kerja Sama Bangun Kapal Pesiar
Warta Ekonomi.co.id, Kupang -

PT. Pelayaran Indonesia (Pelni) bekerja sama dengan Patra Jasa anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) untuk membangun sebuah kapal pesiar dalam rangka mendukung industri pariwisata di Indonesia.

"Kami sudah lakukan penandatanganan kesepakatan atau MoU untuk bersama-sama membangun sebuah kapal pesiar dalam rangka mendukung industri pariwisata di Indonesia khususnya di 10 destinasi wisata yang sudah diakui," kata Kepala PT. Pelni Cabang Kupang, Adrian di Kupang, Sabtu (10/6/2017).

Ia mengatakan, saat ini kapal pesiar tersebut tengah dibangun di Korea Selatan yang diperkirakan akan rampung pada 2018 nanti dan akan langsung digunakan.

Sebelumnya lanjutnya dalam rencana Pelni dan anak perusahaan Pertamina itu akan membeli kapal pesiar. Namun hal tersebut terkendala dengan larangan yang menyatakan bahwa instansi pemerintah serta BUMN dilarang untuk membeli kapal-kapal bekas dari luar negeri.

"Oleh karena itu Pelni dan Pertamina sepakat untuk membangun saja dan membutuhkan waktu seklitar satu tahunan untuk membangunnya," ujarnya.

Pembangunan kapal pesiar tersebut lanjutnya direncanakan akan beroperasi untuk 10 destinasi wisatayang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Kesepuluh destinasi itu salah satunya di NTT yakni Destinasi Labuan Bajo serta destinasi bahari bawah laut di Riung.

Pelni sendiri lanjutnya saat ini tidak hanya fokus pada kapal-kapal penumpang, tetapi jiuga tengah fokus pada kapal-kapal bisnis lainnya seperti kapal pengangkut ternak serta salah satunya fokus pada bisnis pariwisata.

Hal ini dikarenakan pengguna kapal laut saat ini semakin menurun akibat lebih banyak menggunakan transportasi udara.

"Mantan Menteri Perhubungan pak Jonan juga sudah sempat menyampaikan kepada kami agar sudah saatnya Pelni fokus ke bisnis yang lain, namun masalah kapal penumpang tetap dijalankan," ujarnya.

Hal inilah yang menurutnya menjadi alasan mengapa sehingga pembangunan kapal pesiar sangat penting. Apalagi saat ini lanjutnya industri pariwisata di Indonesia tengah terus digenjot. (Ant)

Tag: PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni), PT Pertamina (Persero)

Penulis: ***

Editor: Fajar Sulaiman

Foto: Muhamad Ihsan

Recommended Reading