Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Rabu, 23 Agustus 2017

  • 11:48 WIB. Linkin Park - Linkin Park akan segera mengadakan publik memorial untuk mengenang kematian Chester Bennington.
  • 11:23 WIB. London - Chelsea siapkan dana  US$ 40 untuk boyong bek Southampton Virgil Van Dijk.
  • 11:20 WIB. MA - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali membantah isu dirinya melakukan pertemuan dengan Ketua DPR RI Setya Novanto.
  • 10:22 WIB. Garuda - Pemerintah Jepang akan melanjutkan pembicaraan dengan Garuda Indonesia untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Nagoya.
  • 10:22 WIB. Vietjet - Vietjet berencana membuka rute penerbangan internasional Ho Chi Minh City-Jakarta.
  • 10:03 WIB. DILD - Intiland Development merevisi target marketing sales menjadi senilai Rp2,3 triliun pada tahun ini.
  • 10:01 WIB. KLBF - Kalbe Farma merealisasikan belanja modal Rp413 miliar pada paruh pertama 2017.
  • 10:00 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast menargetkan nilai kontrak baru sebesar Rp12,36 triliun pada 2017.
  • 09:59 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast meraih kontrak baru Rp6,4 triliun sepanjang 7 bulan pertama tahun ini.
  • 09:58 WIB. Seng - ILZSG melaporkan pasar seng mengalami defisit 203.000 ton pada semester I-2017.
  • 09:27 WIB. Hukum - Wapres minta First Trevel minta ganti rugi uang jamaah.
  • 09:25 WIB. Bendera Terbalik - Menhan minta masyarakat jangan terbawa emosi.
  • 09:24 WIB. Hukum - OJK akan cegah kasus perjalanan umrah.
  • 09:23 WIB. Jokowi - Presiden Jokowi akan hadiri karnaval kemerdekaan di Bandung.

DPR: Seluruh Calon DK OJK Punya Kualitas Bagus

Foto Berita DPR: Seluruh Calon DK OJK Punya Kualitas Bagus
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Proses uji Kepatutan dan Kelayakan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) oleh Komisi XI DPR baru saja berakhir. Bila tak ada halangan, dijadwalkan Kamis (8/6/2017) malam, Komisi XI DPR akan memutuskan calon ketua DK dan anggota DK.

Anggota Komisi XI DPR RI, Johnny G Plate mengatakan bahwa secara keseluruhan, fit and proper test sudah dilaksanakan dengan baik. Dia mengatakan, pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dari anggota Komisi XI sudah memiliki kualifikasi yang baik. Kemudian calon anggota pun menjawab dengan kualitas yang bagus.

"Semuanya sudah berjalan sesuai dengan norma yang baik, jawaban calon juga berbobot sesuai dan relevan, kami kan juga harus memilih calon yang baik dari yang terbaik untuk keperluan industri keuangan," kata Johnny di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dijelaskannya, masa jabatan anggota dewan komisioner OJK akan dijalankan selama 5 tahun. Kebutuhan untuk anggota adalah 9 orang dengan rincian 7 orang dipilih Komisi XI DPR RI, 1 orang ex officio dari Bank Indonesia (BI) dan 1 ex officio dari Kementerian Keuangan.

Johnny mengatakan, untuk komisioner OJK yang dipilih oleh DPR mengikuti amanat Presiden, yakni yang sudah dikelompokkan. Atau pertama memilih ketua dan sisanya dipilih secara peringkat, sistem pemilihan ini akan dibahas secara internal di rapat Ketua Kelompok Fraksi.

"Untuk rapat keputusan (nanti) diharapkan tidak ada deadlock, sehingga bisa segera didapatkan nama-nama anggota OJK," tukasnya.

Adapun nama-nama calon komisioner OJK Periode 2017-2022 yang sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI antara lain, Wimboh Santoso dan Sigit Pramono sebagai calon ketua merangkap anggota Komisioner OJK, Heru Kristiyana dan Agusman sebagai Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota.

Nurhaida dan Arif Baharudin telah mengikuti seleksi untuk bersaing sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota, Edy Setiadi dan Hoesen sebagai Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya merangkap Anggota.

Kemudian Haryono dan Ahmad Hidayat sebagai Calon Ketua Dewan Audit merangkap Anggota, dan terakhir Tirta Segara dan Firmanzah sebagai Calon Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Tag: OJK, Wimboh Santoso, Nurhaida, Johnny G Plate, Sigit Pramono, Ahmad Hidayat, Tirta Segara, Firmanzah, Edy Setiadi, Hoesen

Penulis: Fajar Sulaiman

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Foto: Fajar Sulaiman

Recommended Reading