Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Senin, 21 Agustus 2017

  • 13:34 WIB. Box Office - The Hitman's Bodyguard merajai Box Office pekan ini dengan penghasilan mencapai US$21,6 juta.
  • 13:32 WIB. Bursa Transfer - Liverpool kembali tolak tawaran Barcelona senilai US$113 juta untuk Philipe Coutinho.
  • 13:28 WIB. Amerika Serikat - Tidak ada pencemaran minyak yang terjadi akibat tabrakan kapal perang AS dan kapal tanker Singapura.
  • 13:26 WIB. Amerika Serikat - 10 orang hilang akibat kapal perang AS, USS John S.McCain bertabrakan dengan kapal tanker Singapura.
  • 13:23 WIB. Pupuk - Industri pupuk nasional mencatatkan kenaikan volume penjualan 131% pada Juli 2017 dibandingkan Juni.
  • 13:22 WIB. Kemenhub - Kemenhub akan menjalin kerja sama pemanfaatan 28 pelabuhan dan bandara dengan BUMD, BUMN, dan swasta.
  • 13:21 WIB. Dubai - Dubai Tourism mencatat kunjungan wisman ke kota ini mencapai 8,6 juta orang pada semester I-2017.
  • 13:20 WIB. Masmindo - Masmindo Dwi Area akan memulai konstruksi tambang emas di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
  • 13:19 WIB. Jamkrindo - Jamkrindo sampai dengan Juli 2017 merealisasikan penjaminan kredit 63,47% dari total target yang telah ditetapkan.
  • 13:18 WIB. BBTN - BTN menargetkan pendapatan non-bunga dari transaksi digital naik 86% menjadi Rp 153,9 miliar pada tahun ini.
  • 13:06 WIB. Lexus - Lexus Indonesia mencatat penjualan sebesar Rp400 miliar di ajang GIIAS 2017.
  • 10:53 WIB. Manchester - Manchester City dikabarkan siap menebus klausul pelepasan Messi yang mencapai US$275 juta.
  • 10:29 WIB. Google - Google luncurkan fitur baru yang akan buat video preview muncul dalam hasil pencarian di perangkat mobile Android.
  • 10:26 WIB. Medsos - Netizen ramaikan jagat maya dengan cuitan larangan motor lewat Rasuna Said.
  • 10:19 WIB. Gadget - Motorola patenkan teknologi layar yang bisa perbaiki sendiri.

Menteri luar Negeri Qatar: Kantor Berita Qatar Sempat Dibajak

Foto Berita Menteri luar Negeri Qatar: Kantor Berita Qatar Sempat Dibajak
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Penyelidikan awal telah mengkonfirmasi bahwa kantor berita negara Qatar telah diretas, dan pernyataan palsu yang dikaitkan dengan penguasa negara tersebut telah di posting yang memicu keretakan dengan negara-negara Teluk lainnya, kementerian luar negeri Qatar mengatakan pada hari Rabu (8/6/2017).

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan beberapa negara lain memutuskan hubungan mereka dengan Doha pada hari Senin sebagian karena komentar diposting singkat di situs Qatar News Agency pada tanggal 23 Mei.

Artikel tersebut mengutip Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani karena memperingatkan terhadap konfrontasi dengan Iran, serta membela kelompok Hamas dan Hizbullah Palestina, sebuah gerakan Syi'ah Lebanon yang bersekutu dengan Teheran.

"Kementerian mengatakan tim investigasi tersebut mengkonfirmasi bahwa proses pembajakan telah menggunakan teknik dan metode inovatif dengan memanfaatkan celah elektronik di situs Qatar News Agency," ujar kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan tanpa mengatakan siapa yang mungkin telah melakukan hack, sebagaimana dikutip dari laman Reuters, di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Perwira A.S. dan Eropa mengatakan bahwa sementara agen pemerintah Amerika Serikat dan para ahli yakin bahwa kantor berita dan tweet Twitter pemerintah Qatar diretas, mereka belum menentukan siapa yang melakukan peretasan.

Sebuah laporan CNN mengutip pejabat A.S. yang tidak dikenal memberitahukan mengenai penyelidikan tersebut yang mengatakan bahwa peretas Rusia dicurigai ada dibalik aksi peretasan tersebut. Moskow kemudian mengatakan jika laporan itu salah.

Seorang pejabat intelijen A.S. mengatakan bahwa sementara Rusia memiliki keahlian dan insentif untuk mengatur pembagian di antara negara-negara Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat, peretas Rusia bisa untuk disewa ke negara lain dan kelompok kriminal dengan mudah.

Negara-negara Arab berselisih dengan Qatar dengan menuduh mereka mendukung kelompok militan dan menaikkan tensi ketegangan saingan berat mereka Iran di wilayah tersebut, dan menuntut Doha melakukan hal tersebut tanpa dasar.

Pejabat militer A.S., yang juga berbicara tanpa identitas yang membahas masalah politik, mengatakan bahwa pangkalan udara Al Udeid di Qatar sangat penting untuk dukungan udara Amerika terhadap paramiliter Iran dan pasukan yang didukung oleh Iran di sisi Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang sipil di Suriah.

“Kementerian luar negeri Qatar mengucapkan terima kasih kepada Biro Investigasi Federal A.S. dan Badan Kejahatan Nasional Inggris karena telah bekerja sama dalam penyelidikan tersebut, tanpa menjelaskan lebih jauh,” tutupnya.

Tag: Qatar, Arab Rift, Bashar al-Assad, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Rusia

Penulis/Editor: Hafit Yudi Suprobo

Foto: Reuters/Stringer

Recommended Reading