Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 24 Juni 2017

  • 00:17 WIB. Mudik Lebaran - H-2 jadi puncak arus mudik penumpang Kereta Api.
  • 00:12 WIB. BMTR - Global Mediacom membagikan dividen senilai Rp70 miliar dari laba bersih 2016.
  • 23:38 WIB. Mudik Lebaran - Gubernur Sumut tegaskan ASN dilarang gunakan kendaraan dinas untuk mudik.
  • 23:29 WIB. Obama - Mantan Presiden AS Barack Obama selain berlibur di Bali ia dikabarkan akan berlibur di Yogyakarta.
  • 23:27 WIB. Mudik Lebaran - Menteri Luhut harap tragedi brexit tidak terulang kembali.
  • 23:27 WIB. Daging Sapi - Harga daging sapi di Medan tembus Rp140 ribu/kg.
  • 23:25 WIB. Mudik Lebaran - Menhub: Bus tanpa stiker biru dilarang beroperasi.
  • 23:24 WIB. Mudik Lebaran - Polantas: Puncak mudik di Bekasi terjadi Kamis malam.
  • 22:45 WIB. Sydney - Kepolisian Sydney akan pasang pembatas di area pejalan kaki, guna cegah serangan kendaraan bermotor.
  • 22:32 WIB. Mudik Lebaran - 26.183 pemudik motor lewati Cirebon.
  • 22:30 WIB. Mudik Lebaran - Aher sebut selama menjabat sebagai gubernur Jabar mudik lebaran tahun ini lancar.
  • 22:27 WIB. China - Otoritas China perketat penyebaran konten video berbasis online.

Blibli.com Dukung Penuh Indonesia Jadi Pusat e-Commerce Asia

Foto Berita Blibli.com Dukung Penuh Indonesia Jadi Pusat e-Commerce Asia
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sejalan dengan tema IESE 2017 “Empowering the Digital Energy of Asia” maka Blibli.com yakin bahwa Indonesia akan menjadi pemain penting serta pasar potensial e-commerce di Asia dan siap mendukung penuh agar hal ini dapat segera tercapai. Pernyataan ini sangatlah mendasar jika melihat pada jumlah penduduk Indonesia yang adalah terbesar di Asia, serta melihat data pengguna internet di Indonesia yang merupakan terbesar ke-4 di Asia.

“Potensi pengguna internet yang melebihi 50% total populasi bangsa Indonesia, penetrasi smartphone, dan rata-rata spending on e-commerce Rp6,5 juta per tahun membuat Indonesia berpotensi untuk menguasai 52% atau setara 87,8 miliar dolar AS pasar e-commerce Asia Tenggara pada 2025 seperti diprediksi riset gabungan Google dan Temasek,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto dalam pers rilisnya yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Namun, dalam memajukan e-commerce di Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar Asia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan seperti menjanjikan kenyamanan dalam bertransaksi, keamanan serta behaviour masyarakat Indonesia yang masih nyaman dengan sistem tradisional.

“Masyarakat kita masih melihat pentingnya melihat fisik produk dan bertemu serta mendengar langsung penjelasan dari penjual. Selain itu edukasi mengenai kelebihan serta cara-cara transaksi melalui e-commerce juga masih perlu dilakukan terutama di luar kota-kota besar,” urai Kusumo tentang perilaku belanja masyarakat Indonesia.

Dalam menjawab tantangan ini, Blibli.com menghadirkan layanan offline to online (O2O) - BlibliNOW bekerjasama dengan para merchant partner. “Bagi merchant yang konsumennya kebanyakan masih nyaman dengan cara belanja offline, kami bantu menyediakan Kiosk BlibliNOW di offline store para merchant agar dapat melakukan pembayaran secara online sekaligus mendapatkan cicilan 0% namun langsung membawa pulang barang yang diinginkan, dan tetap dapat berinteraksi langsung dengan penjual. Hal ini juga sekaligus sebagai cara meng-edukasi Konsumen untuk terbiasa dengan e-commerce,” kata Kusumo.

Dalam IESE 2017, Blibli.com juga ingin menegaskan kembali komitmen dalam mendukung perkembangan dan kemajuan creativepreneur lokal, dimana Blibli.com mendedikasikan satu kategori produk yang dinamakan Galeri Indonesia dikhususkan menjual segala produk asli Indonesia termasuk kreasi para local talent Indonesia.

Komitmen Blibli.com tidak cukup sampai disana, pada akhir tahun 2016 Blibli.com juga telah menyelenggarakan event akbar The Big Start Indonesia – suatu kompetisi yang rencananya akan diadakan setiap tahun untuk mencari kreatif wirausaha baru yang dikemas dalam web series, bekerjasama dengan Badan Usaha Kreatif (BEKRAF).

Melalui kompetisi ini, tahun lalu telah dihasilkan 20 finalis dan 3 pemenang yang berkesempatan untuk mengasah ide usaha kreatif serta membuka kesempatan bagi para pemenang event untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemasaran produk di Blibli.com.

Tag: PT Global Digital Niaga (Blibli.com), E-commerce, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Blibli.com

Recommended Reading