Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Jum'at, 18 Agustus 2017

  • 15:27 WIB. Teror Barcelona - Tidak ada WNI yang menjadi korban terkait teror di Barcelona.
  • 15:26 WIB. Gadget - Huawei diperkirakan akan umumkan Mate 10 dalam sebuah acara di Munich, Jerman, pada 16 Oktober 2017.
  • 15:25 WIB. Gadget - LG memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap penjualan smartphone terbarunya Q6 di Indonesia pada tahun ini.
  • 15:23 WIB. Operator - Asus memprediksi seri Zenfone 4 Selfie bakal paling laris di Indonesia.
  • 15:21 WIB. Operator - XL rilis tarif roaming internet Rp15.000 seharian.
  • 15:20 WIB. Teror Barcelona - Indonesia kecam aksi kekerasan yang menewaskan 13 orang di Barcelona.
  • 14:57 WIB. HUT RI - Djarot ucapkan terima kasih untuk warga Jakarta.
  • 14:57 WIB. Politik - PPP sebut gaya komunikasi Jokowi sangat efektif untuk pertemukan SBY dan Megawati.
  • 14:56 WIB. Tol - YLKI sebut kebijakan ganjil genap pada jalan tol merupakan kegiatan ngawur.
  • 14:55 WIB. Kasus Rizieq - Polda Metro akan periksa Rizieq Shihab di Arab.
  • 14:44 WIB. ICE 2017 - Menteri Rini hadiri acara seminar PKBL di Balai Kartini.
  • 14:26 WIB. Teror Barcelona - Kepolisian Spanyol tangkap satu orang lagi terkait serangan brutal di Barcelona.
  • 14:23 WIB. Asus - Asus meluncurkan enam model sekaligus Zenfone terbaru.
  • 14:20 WIB. China - China akan lebih membuka sektor perbankan, asuransi, dan sekuritas bagi investasi asing.
  • 12:38 WIB. Google - Google juga akan membayar hak istimewanya ke Samsung.

Blibli.com Dukung Penuh Indonesia Jadi Pusat e-Commerce Asia

Foto Berita Blibli.com Dukung Penuh Indonesia Jadi Pusat e-Commerce Asia
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sejalan dengan tema IESE 2017 “Empowering the Digital Energy of Asia” maka Blibli.com yakin bahwa Indonesia akan menjadi pemain penting serta pasar potensial e-commerce di Asia dan siap mendukung penuh agar hal ini dapat segera tercapai. Pernyataan ini sangatlah mendasar jika melihat pada jumlah penduduk Indonesia yang adalah terbesar di Asia, serta melihat data pengguna internet di Indonesia yang merupakan terbesar ke-4 di Asia.

“Potensi pengguna internet yang melebihi 50% total populasi bangsa Indonesia, penetrasi smartphone, dan rata-rata spending on e-commerce Rp6,5 juta per tahun membuat Indonesia berpotensi untuk menguasai 52% atau setara 87,8 miliar dolar AS pasar e-commerce Asia Tenggara pada 2025 seperti diprediksi riset gabungan Google dan Temasek,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto dalam pers rilisnya yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Namun, dalam memajukan e-commerce di Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar Asia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan seperti menjanjikan kenyamanan dalam bertransaksi, keamanan serta behaviour masyarakat Indonesia yang masih nyaman dengan sistem tradisional.

“Masyarakat kita masih melihat pentingnya melihat fisik produk dan bertemu serta mendengar langsung penjelasan dari penjual. Selain itu edukasi mengenai kelebihan serta cara-cara transaksi melalui e-commerce juga masih perlu dilakukan terutama di luar kota-kota besar,” urai Kusumo tentang perilaku belanja masyarakat Indonesia.

Dalam menjawab tantangan ini, Blibli.com menghadirkan layanan offline to online (O2O) - BlibliNOW bekerjasama dengan para merchant partner. “Bagi merchant yang konsumennya kebanyakan masih nyaman dengan cara belanja offline, kami bantu menyediakan Kiosk BlibliNOW di offline store para merchant agar dapat melakukan pembayaran secara online sekaligus mendapatkan cicilan 0% namun langsung membawa pulang barang yang diinginkan, dan tetap dapat berinteraksi langsung dengan penjual. Hal ini juga sekaligus sebagai cara meng-edukasi Konsumen untuk terbiasa dengan e-commerce,” kata Kusumo.

Dalam IESE 2017, Blibli.com juga ingin menegaskan kembali komitmen dalam mendukung perkembangan dan kemajuan creativepreneur lokal, dimana Blibli.com mendedikasikan satu kategori produk yang dinamakan Galeri Indonesia dikhususkan menjual segala produk asli Indonesia termasuk kreasi para local talent Indonesia.

Komitmen Blibli.com tidak cukup sampai disana, pada akhir tahun 2016 Blibli.com juga telah menyelenggarakan event akbar The Big Start Indonesia – suatu kompetisi yang rencananya akan diadakan setiap tahun untuk mencari kreatif wirausaha baru yang dikemas dalam web series, bekerjasama dengan Badan Usaha Kreatif (BEKRAF).

Melalui kompetisi ini, tahun lalu telah dihasilkan 20 finalis dan 3 pemenang yang berkesempatan untuk mengasah ide usaha kreatif serta membuka kesempatan bagi para pemenang event untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemasaran produk di Blibli.com.

Tag: PT Global Digital Niaga (Blibli.com), E-commerce, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Blibli.com

Recommended Reading